Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Panorama Indah, Berikut Tiga Calon Lokasi Sirkuit Internasional Bintan

Kompas.com - 17/03/2022, 17:49 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan di Kawasan Wisata Bintan Resort, Kepulauan Riau (Kepri), telah dimulai usai groundbreaking pada Kamis (17/03/2022).

Sebelumnya juga telah dilkukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) dengan Gallant Venture Pte Ltd.

Kendati begitu, titik lokasi tepatnya masih belum ditetapkan. Tim konsultan arstitek asal Inggris yakni Populous masih akan mengidentifikasi lebih lanjut.

Baca juga: Sirkuit F1 Bintan Mulai Dibangun, Seperti Apa?

Namun yang pasti, Sirkuit Internasional Bintan akan berada di Kawasan Wisata Bintan Resort yang dikelola PT Bintan Resort Cakrawala, anak perusahaan Gallant Venture Pte Ltd.

General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab mengatakan, setelah penandatanganan MoU akan dilanjutkan proses studi kelayakan calon lokasi.

Sementara untuk calon lokasi Sirkuit Internasional Bintan ada tiga pilihan. Semuanya telah diidentifikasi awal dan bisa dibangun sirkuit.

Lagoi Bay di Kawasan Wisata Bintan Resorts, Provinsi Kepulauan RiauInstagram Lagoi Bay Bintan Lagoi Bay di Kawasan Wisata Bintan Resorts, Provinsi Kepulauan Riau
"Kami telah mengalokasikan tiga lokasi. Di mana lokasi ini akan diteliti lagi oleh tim konsultan Populous dengan didampingi Gubernur Kepri," ujarnya dikutip dari Siaran Langsung YouTube Diskominfo Provinsi Kepri, Kamis (17/03/2022).

Lokasi pertama di Lagoi bay. Di mana lokasi ini telah memiliki infrastruktur cukup lengkap. Bahkan sudah banyak akomodasi perhotelan berdiri.

"Di dalam Lagoi Bay sudah mempunyai lebih kurang 300 kamar, tetapi pada 2022 ini ada tiga hotel lagi dibangun. Di sini nanti akan membuahkan kurang lebih 1.500 kamar," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya telah mengalokasikan area 100-130 hektar di Lagoi Bay dan sudah diperikarakan tentang trek yang bisa dibangun. 

"Hasil penelaahan dari Populous di sini akan boleh dijadikan 5,2 kilometer race track (arena balap)," tandasnya

Gambaran lokasi kedua pembangunan sirkuit F1 Bintan, Kepri.KOMPAS.com/Diskominfo Kepri Gambaran lokasi kedua pembangunan sirkuit F1 Bintan, Kepri.
Kemudian untuk lokasi kedua berada di Kepri Bay. Di sini terdapat area di atas bukit yang bisa melihat pemandangan pantai.

Nantinya di area depan akan dibangun resor-resor baru. Setiap resor nya seluas 50-100 hektar. Di belakang area itulah yang diharapkan bisa menjadi sirkuit.

"Terakhir, lokasi ketiga di area berdekatan dengan Berakit atau bersebelahan dengan Trikora," ujarnya.

Kawasan Wisata Bintan Resorts di Provinsi Kepulauan RiauInstagram Bintan Resorts Official Kawasan Wisata Bintan Resorts di Provinsi Kepulauan Riau
Menurut Abdul Wahab, setiap lokasi yang diidentifikasi tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri. Namun tidak mengurangi trek yang akan dibangun dan keindahan panorama alamnya.

"Jadi nanti konsultan akan melihat ketiga lokasi dengan lebih terperinci. Dengan fact finding dari Populous nanti dari pihak IMI dan Bintan Resort akan menetapkan lokasi di mana trek dapat dijalankan," pungkasnya.

Untuk diketahui, pembangunan Sirkuit Internasional Bintan dikerjakan melalui investasi swasta senilai Rp 1,2 triliun dan direncanakan selesai dua tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com