Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit F1 Bintan Mulai Dibangun, Seperti Apa?

Kompas.com - 17/03/2022, 16:14 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia bersiap menatap gelaran Formula 1 (F1). Sebab, pembangunan Sirkuit Internasional Bintan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah dimulai.

Sirkuit yang juga bernama Bintan International Circuit ini akan dibangun di Kawasan Wisata Bintan Resorts, Kabupaten Bintan.

Hal ini telah dipastikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) dengan perusahaan asal Singapura yakni Gallant Venture Pte Ltd, Kamis (17/03/2022).

Baca juga: Seberapa Besar Potensi Wisata Mandalika Sebelum Gelaran MotoGP?

Setelahnya juga dilakukan groundbreaking pada titik koordinat pembangunan sirkuit yang berada di tepi Pantai Nirwana Gardens Hotel.

Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan dilakukan dengan skema kerjasama investasi. Rencananya senilai Rp 1,2 triliun.

Melalui PT Bintan Resort Cakrawala selaku anak perusahaaan Gallant Venture Pte Ltd dan pengelola Kawasan Wisata Bintan Resorts.

General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab mengatakan, pembangunan sirkuit bertaraf internasional ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang pengembangan Kawasan Wisata Bintan Resort.

"Dua tahun untuk menyelesaikan sirkuit ini," ujarnya dikutip dari Siaran Langsung Diskominfo Kepri, Kamis (17/03/2022).

Karena Kawasan Wisata Bintan Resorts berada di lokasi yang strategis, berdekatan dengan Singapura dan Malaysia.

Sehingga akan semakin membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Bintan Resort.

"Sirkuit ini akan menjadi nilai tambah dari sisi ekonomi dan pariwisata di Indonesia khususnya Provinsi Kepri," tandas Abdul Wahab.

Usai penandatanganan MOU ini, nanti akan segera dilanjutkan proses perencanaan studi kelayakan lokasi yang dilakukan tim konsultan asal Inggris yakni Populous.

Gambaran lokasi pertama pembangunan sirkuit F1 Bintan, Kepri.Diskominfo Kepri Gambaran lokasi pertama pembangunan sirkuit F1 Bintan, Kepri.
Sebab pihaknya menyiapkan tiga lokasi yang memungkinkan dibangun Sirkuit Internasional Bintan. Lokasi tersebut meliputi Lagoi Bay, Kepri Bay, dan area Berakit.

Setiap lokasi tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri. Akan tetapi, ketiganya sama-sama memiliki panorama alam indah, mirip seperti Sirkuit Mandalika.

"Jadi konsultan akan melihat ketiga lokasi dengan terperinci dan fact finding, baru nanti dari pihak IMI dan Bintan Resort akan menetapkan lokasi di mana track dapat dibangun," pungkasnya.

Baca juga: Selesai Diaspal, Sirkuit Mandalika Dipastikan Sesuai Standar FIM

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com