Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modular Pit Building MotoGP Mandalika Siap Digunakan, Begini Tampilannya

Kompas.com - 16/03/2022, 15:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modular Pit Building yang dibangun oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE) Tbk siap digunakan dalam ajang balap MotoGP Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Bangunan Gedung Bobby Iman Setya mengatakan pihaknya telah selesai melakukan pembangunan tahap dua Modular Pit Building tersebut. 

Sebelumnya, Modular Pit Building tahap satu selesai lebih awal dan telah digunakan dalam ajang balap World Super Bike (WSBK) November 2021. 

Baca juga: Nilai Tanah Meroket karena MotoGP, Berapa Harga Rumah Subsidi di Sekitar Mandalika?

Tahap kedua ini meliputi Beautifikasi Modular Pit Building, tambahan fasilitas paddock yang terdiri dari 203 modul.

"Peruntukannya adalah penyediaan ruang tim office, perluasan TV compound, ruang Paddock General Office (PGO), kitchen, healthcare & eticket yang telah dimulai pada 17 Januari 2022 dan selesai pengerjaan pada 1 maret 2022," kata Bobby dalam keterangannya, Rabu (16/03/2022). 

Modular Pit Building MotoGP MandalikaPT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE) Tbk Modular Pit Building MotoGP Mandalika
Direktur Teknik dan Operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba menambahkan Modular Pit Building yang dibangun WEGE ini akan difungsikan di antaranya sebagai kantor Dorna, kantor media, gudang motor dan pit unruk berbagai tim balap MotoGP. 

"Gedung, bangunan dan berbagai fasilitas ini akan dijadikan kantor Dorna, kantor media, gudang motor dan spare-parts dan tentunya pit untuk berbagai tim yang akan hadir mengikuti ajang tersebut," ucap Samsul. 

Sebelumnya, pada ajang WSBK, Pertamina Mandalika Street Circuit, telah dilengkapi dengan Modular Medical Center Mandalika dan Modular Pit Building yang dibangun oleh WEGE sebagai fasilitas pembalap dan official team yang berlaga.

Baca juga: Seberapa Besar Potensi Wisata Mandalika Sebelum Gelaran MotoGP?

Pit Building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari tiga lantai, masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter dan dibangun dengan luas bangunan 13.700 meter persegi.

Modular Pit Building ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar merupakan garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim.

Lantai dua merupakan area podium, tribun penonton VVIP dan media center. Sedangkan lantai tiga Pit Building khusus untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Modular Pit Building MotoGP MandalikaPT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE) Tbk Modular Pit Building MotoGP Mandalika
Selama 21 hari, Modular Pit Building ini dapat berdiri dan siap mendukung Event Internasional World Superbike.

Karena kecepatan pengerjaan tersebut, WEGE mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas Pembangunan Gedung Pit Sistem Modular Tercepat di Sirkuit Bertaraf International.

Tidak berjauhan dari Sirkuit Mandalika, sudah berdiri pula satu-satunya hotel bintang 5 penunjang Pertamina Mandalika International Sirkuit yang dibangun WEGE.

Di proyek ini, WEGE mengerjakan pekerjaan Struktur Arsitektur dan Plumbing dan telah selesai dikerjakan dan siap digunakan secara maksimal untuk menunjang kegiatan MotoGP 2022.

Baca juga: Selesai Diaspal, Sirkuit Mandalika Dipastikan Sesuai Standar FIM

Pullman Mandalika milik ITDC ini merupakan hotel dengan standar bintang lima, yang dibangun di atas lahan seluas 45.000 meter persegi.

Hotel ini memiliki 257 kamar, terdiri dari 27 vila dan 230 kamar, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang rapat, restoran, kolam renang, pool bar, gym & spa, serta sarana ibadah.

Pullman Mandalika terletak di zona barat kawasan di dekat West Gate, Kuta Beach Park, The Mandalika. Hotel ini menyajikan pemandangan dan akses ke pantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com