Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibangun Rp 1,4 Triliun, SPAM Semarang Barat Tawarkan Sejumlah Manfaat

Kompas.com - 16/03/2022, 14:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat di Provinsi Jawa Tengah terus berlangusng hingga saat ini. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan SPAM Semarang Barat merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang dibangun untuk meningkatkan akses air bersih masyarakat di kawasan tersebut. 

Layanan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau.

"Selain itu juga berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih,” kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (16/03/2022). 

Baca juga: Mulai Konstruksi 2022, Dua SPAM Ini Telan Investasi Rp 4,3 Triliun

Sumber air baku SPAM Semarang Barat berasal dari Bendungan Jatibarang yang disalurkan melalui jaringan perpipaan air baku sepanjang 2.500 meter dan jaringan perpipaan distribusi (utama dan pembagi) sepanjang 53.500 meter.

SPAM Semarang Barat rencananya memiliki kapasitas 1.000 liter per detik yang dapat melayani 70.000 sambungan rumah (SR) atau 350.000 jiwa.

Kehadiran SPAM ini diharapkan dapat menjawab permasalahan krisis air bersih dan penurunan permukaan tanah karena penggunaan air tanah di Kota Semarang.

Proyek yang dimulai pada 4 November 2021 ini ditargetkan rampung pada 28 Desember 2022.

SPAM Semarang Barat merupakan pilot project pembangunan SPAM dengan skema pendanaan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Indonesia.

Anggarannya sebesar Rp 1,4 triliun yang bersumber dari dana APBN sebesar Rp 227,9 miliar dan dari non APBN sebesar Rp 1,19 triliun.

Progres konstruksi dengan sumber dana APBN saat ini mencapai 11,01 persen. Sedangkan pekerjaan konstruksi dengan sumber dana non APBN sudah rampung sejak Mei 2021.

Di samping SPAM Semarang Barat, di Provinsi Jawa Tengah Kementerian PUPR juga membangun SPAM Regional Wosusokas di Kabupaten Wonogiri.

Sumber air baku SPAM Regional Wosusokas berasal dari Waduk Gajah Mungkur yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih dengan 12 titik reservoir.

SPAM Regional Wosusokas rencananya memiliki kapasitas 1.450 liter per detik yang dapat melayani 116.000 SR.

Kebutuhan pembiayaan pembangunan SPAM Regional Wosusokas sekitar Rp 2,2 triliun dengan masa pelaksanaan konstruksi pada 2021-2024.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com