Kompas.com - 28/02/2022, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan memulai konstruksi dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk meningkatkan akses air minum aman masyarakat DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Dua SPAM tersebut yakni SPAM Regional Jatiluhur I memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Provinsi Jawa Barat melalui Saluran Tarum Barat, dan SPAM Regional Karian-Serpong memanfaatkan air baku dari Bendungan Karian di Provinsi Banten.

Kedua SPAM tersebut dikerjakan dengan skema Kerja sama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di tahun 2022. Jika dikalkulasi, total nilai investasinya mencapai Rp 4,13 triliun.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Air Baku, Pemerintah Kota Bima Terima BMN SPAM

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan SPAM Regional Jatiluhur I akan menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter per detik.

Kemudian akan didistribusikan ke sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Sedangkan untuk pembangunan SPAM Regional Karian-Serpong, dikatakan Menteri Basuki merupakan salah satu proyek terintegrasi pengelolaan sumber daya air.

Yaitu pembangunan Bendungan Karian, Saluran Air Baku Karian-Serpong (Karian-Serpong Conveyance System), dan SPAM Regional.

"Ini sumbangan yang tidak sedikit untuk melayani air bersih dan menjamin kualitas air yang lebih baik," ujar Basuki dalam rilis pers, Sabtu (26/02/2022).

Kementerian PUPR sudah melakukan beberapa pembangunan di bidang air minum melalui KPBU misalnya SPAM Umbulan, Semarang Barat, dan Bandar Lampung.

"Dengan KPBU ini banyak sekali yang mengawasi, sehingga tata kelolanya diharapkan lebih baik. Ini membuktikan bahwa pembangunan infrastruktur tidak terus-terusan dibiayai dengan APBN," tuturnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.