Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPAM Bandar Lampung Bisa Jernihkan Air dari Bendungan Way Sekampung

Kompas.com - 31/01/2022, 12:26 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandar Lampung ditargetkan selesai konstruksi pada Agustus tahun 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, SPAM Bandar Lampung nantinya akan mengalirkan dan menjernihkan air minum yang berasal dari Bendungan Way Sekampung.

"Dengan adanya SPAM Bandar Lampung, yang mana air berasal dari Bendungan Way Sekampung dapat dialirkan dan dijernihkan sebagai air minum bagi masyarakat Bandar Lampung," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (31/1/2022).

Sebagaimana diketahui, air merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat, terutama air bersih yang keberadaannya sangat penting untuk memenuhi kebutuhan minum, bersuci, dan membersihkan dari kotoran.

Dalam poin keenam dari Sustainable Development Goals (SDGs) juga menjelaskan, air bersih dan sanitasi yang layak menjadi kebutuhan esensial bagi manusia.

Baca juga: Nilai Investasi Rp 1,3 Triliun, SPAM Bandar Lampung Layani 300.000 Jiwa

Hal ini sejalan dengan hadirnya SPAM Bandar Lampung yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN) untuk meningkatkan layanan dan akses air minum di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya.

Direktur Air Minum Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Anang Muchlis mengatakan, pihaknya siap menyelesaikan proyek bernilai Rp 1,3 triliun ini tepat pada waktunya.

Dengan begitu, nantinya dapat dimanfaatkan oleh 60.000 sambungan rumah (SR).

“Kami dari Kementerian PUPR, sangat berharap pembangunan ini dapat terselesaikan tepat waktu, tepat mutu, tepat guna, dan tertib administrasi”.

Saat ini, proyek pekerjaan jaringan distribusi telah mencapai 71 persen yang ditargetkan tuntas dibangun Agustus tahun ini.

Sampai tahun 2024, SPAM Kota Bandar Lampung ditargetkan akan menyuplai air minum sebanyak 750 liter per detik untuk 60.000 SR atau sekitar 300.000 jiwa di delapan kecamatan.

Rinciannya, Kecamatan Rajabasa (7.212 SR), Way Halim (8.838 SR), Tanjung Senang (5.990 SR), Sukabumi (9.337 SR), Labuhan Ratu (7.553 SR), Kedaton (6.591 SR), Sukarame (8.092 SR),  serta Kedamaian (6.388 SR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com