Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Isra Mi'raj, 7.000 Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Kompas.com - 28/02/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada momen libur nasional Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Senin (28/02/2022) total sebanyak 7.000 penumpang kereta api meninggalkan Jakarta dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir tercatat sekitar 3.200 penumpang atau 34 persen untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 26 KA.

Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen terdapat sekitar 3.800 penumpang atau 33 persen untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 20 KA.

"Pada momen libur Isra Mir'raj ini, penumpang KA terpantau normal untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta ke berbagai tujuan," kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Senin (28/02/2022).

Baca juga: Jelang Libur Isra Mikraj, 347.711 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Menurutnya, rata-rata keterisian tempat duduk di momen libur Isra Mi'raj ini sekitar 25 persen hingga 35 persen.

"Sehingga masih terdapat ketersediaan TD bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan KA Jarak Jauh ke berbagai tujuan," ucap dia.

Eva menyebut Stasiun Cikarang saat ini juga melayani KA Jarak Jauh, terdapat 5 KAJJ yang berhenti di Stasiun Cikarang untuk melayani naik-turun penumpang di antaranya:

  • KA Gumarang relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi
  • KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung
  • KA Brantas relasi PasarSenen-Blitar
  • KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng
  • KA Sembrani relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi

Saat ini ketentuan dan persyaratan naik KA mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) nomor 97 tahun 2021. Ketentuannya antara lain:

1. Penumpang usia 12 tahun ke atas wajib vaksin (minimal dosis pertama) kecuali penumpang yang belum dapat divaksin karena alasan medis wajib memiliki surat keterangan dokter rumah sakit pemerintah/dokter spesialis untuk pengganti vaksin.

2. Seluruh penumpang (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1x24 jam) atau RT-PCR (3x24 jam) dengan hasil negatif.

3. Perjalanan penumpang anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua.

Untuk layanan antigen di area Daop 1 Jakarta ada di 6 lokasi yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+