Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari Sejuta Kendaraan Lintasi Tol Trans-Sumatera Saat Libur Natal-Tahun Baru

Kompas.com - 04/01/2022, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski pandemi Covid-19 masih melanda hingga kini, minat masyarakat untuk bepergian pada Libur Natal dan Tahun Baru tak surut.

Faktanya, tercatat sebanyak 1.055.132 kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada Rabu (22/12/2022) hingga Kamis (23/12/2022).

Perhitungan tersebut merupakan akumulasi dari total volume lalu lintas seluruh ruas JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya.

Ini juga disebut menjadi lonjakan lalu lintas paling tinggi pada masa Libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Baca juga: Ini Saldo E-Toll yang Harus Disiapkan Saat Lintasi Tol Trans-Sumatera

Adapun puncak kendaraan yang masuk ke area jalan tol tersebut berada di gerbang tol Bakauheni Selatan dengan total sebanyak 7.328 kendaraan yang melintas.

Hal serupa juga berlaku untuk arus balik ke Pulau Jawa di gerbang tol yang sama pada hari Minggu (2/1/2022) dengan total kendaraan yang melintas sebanyak 6.488 buah.

“Puncak arus kendaraan yang masuk ke JTTS di gerbang tol Bakauheni Selatan terjadi sebelum perayaan Natal dan atus balik ke Pulau Jawa melewati gerbang tol yang sama pada hari Minggu kemarin dengan jumlah kendaraan sebanyak 6.488 kendaraan,” jelas Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro.

Oleh karena itu, Hutama Karya mengimbau seluruh pengguna jalan untuk mematuhi tata tertib yang belaku di jalan tol.

Persyaratan yang dimaksud meliputi memenuhi syarat batas kecepatan minimum dan maksimum yang telah ditentukan, tidak menggunakan bahu jalan kecuali keadaan darurat, beristirahat di rest area jika merasa lelah dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, sebagai upaya untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19, Hutama Karya melakukan pembangian 1.600 covid kit dengan goodie bag berisi 10 masker medis dan 1 handsanitizer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com