Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Saldo E-Toll yang Harus Disiapkan Saat Lintasi Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 31/12/2021, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki pengujung tahun 2021, liburan ke luar kota merupakan kegiatan yang sebaiknya direncanakan dari jauh-jauh hari.

Ketika pergi berlibur, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan mulai dari kereta api, pesawat terbang, hingga kapal laut.

Namun, tak sedikit juga yang memilih untuk bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi dan melakukan perjalanan menggunakan jalan tol.

Jika destinasi yang Anda tuju adalah Sumatera, Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) merupakan infrastruktur konektivitas yang bisa dijadikan alternatif untuk bepergian ke wilayah tersebut.

Baca juga: Kuartal I-2022, Tiga Ruas Tol Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

Lalu, berapa kocek yang harus dibayarkan untuk melintasi JTTS?

1. Lampung-Palembang

Apabila melakukan perjalanan dari Lampung ke Palembang, Anda bisa melintasi Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Jika memasuki Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan menuju Terbanggi Besar, biaya yang harus Anda keluarkan sebesar Rp 118.500.

Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dari Simpang Susun (SS) Terbanggi Besar ke SS Kayu Agung sebesar 170.500.

Setelah itu, menuju Tol Palembang-Indralaya, Anda perlu merogoh saldo e-toll (uang elektronik) sebesar Rp 20.000

Sehingga, dari Lampung dengan Tol Bakter dilanjutkan Tol Terpeka ke Palembang dengan Tol  Palembang-Indralaya, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 309.000.

2. Lampung-Pekanbaru

Apakah saat ini Anda berencana ingin jalan-jalan dari Lampung ke Medan? Seperti yang sudah dijelaskan, jika dari Lampung, Anda dapat menggunakan Tol Bakter dan Tol Terpeka dengan biaya sebesar Rp 289.000.

Kemudian, dilanjutkan dengan menggunakan Tol Palembang-Indralaya sebesar Rp 20.000.

Baca juga: Hutama Karya Gandeng Cucu Usaha Bangun Lima Ruas Tol Trans-Sumatera

Menuju ke Pekanbaru, Anda bisa menggunakan Tol Pekanbaru-Dumai dari GT Pekanbaru ke GT Dumai dengan biaya sebesar Rp 118.500.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com