Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Konstruksi 2022, Dua SPAM Ini Telan Investasi Rp 4,3 Triliun

Kompas.com - 28/02/2022, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan memulai konstruksi dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk meningkatkan akses air minum aman masyarakat DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Dua SPAM tersebut yakni SPAM Regional Jatiluhur I memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Provinsi Jawa Barat melalui Saluran Tarum Barat, dan SPAM Regional Karian-Serpong memanfaatkan air baku dari Bendungan Karian di Provinsi Banten.

Kedua SPAM tersebut dikerjakan dengan skema Kerja sama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di tahun 2022. Jika dikalkulasi, total nilai investasinya mencapai Rp 4,13 triliun.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Air Baku, Pemerintah Kota Bima Terima BMN SPAM

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan SPAM Regional Jatiluhur I akan menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter per detik.

Kemudian akan didistribusikan ke sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Sedangkan untuk pembangunan SPAM Regional Karian-Serpong, dikatakan Menteri Basuki merupakan salah satu proyek terintegrasi pengelolaan sumber daya air.

Yaitu pembangunan Bendungan Karian, Saluran Air Baku Karian-Serpong (Karian-Serpong Conveyance System), dan SPAM Regional.

"Ini sumbangan yang tidak sedikit untuk melayani air bersih dan menjamin kualitas air yang lebih baik," ujar Basuki dalam rilis pers, Sabtu (26/02/2022).

Kementerian PUPR sudah melakukan beberapa pembangunan di bidang air minum melalui KPBU misalnya SPAM Umbulan, Semarang Barat, dan Bandar Lampung.

"Dengan KPBU ini banyak sekali yang mengawasi, sehingga tata kelolanya diharapkan lebih baik. Ini membuktikan bahwa pembangunan infrastruktur tidak terus-terusan dibiayai dengan APBN," tuturnya.

Penandatanganan perjanjian KPBU pembangunan dua SPAM tersebut telah dilaksanakan pada awal tahun 2021 lalu.

Proyek SPAM Regional Jatiluhur I diprakarsai oleh Konsorsium PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Tirta Gemah Ripah dengan nilai investasi sebesar Rp 1,7 triliun dalam masa kerjasama 30 tahun.

Konstruksinya dimulai pada Januari 2022 dan ditargetkan rampung Juni 2024.

Sementara untuk SPAM Karian-Serpong diprakarsai oleh Konsorsium Korea Water Resources Corporation (K-Water)–PT Adhi Karya (Persero) Tbk–LG International.

Setelah melalui proses lelang yang dilaksanakan oleh Panitia Pengadaan Badan Usaha Pelaksana SPAM Regional.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com