Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SpaceX Milik Elon Musk Disebut Incar IKN Baru, Benarkah?

Kompas.com - 14/01/2022, 21:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan antariksa milik Elon Musk yakni SpcaceX disebut tengah mengincar Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan, SpaceX tertarik membangun tempat untuk meluncurkan pesawat berkecepatan tinggi di IKN.

"Mungkin Ketua Pansus sudah datang ke SpaceX di Los Angeles, di sana mereka minta Indonesia salah satu titik di IKN, selain di Biak, untuk tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa," kata Suharso saat rapat bersama Pansus RUU IKN, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Pemerintah Akan Buat Desain Metaverse untuk IKN, Seperti Apa?

Rencana peluncuran pesawat berkecepatan tinggi itu dirasa tak lepas dari perkembangan teknologi yang memengaruhi rencana induk (masterplan) pembangunan IKN.

Fiber optic infrastructure tidak bisa hanya berbasis pada era 4.0 atau 5.0. Ke depan, basisnya akan makin meninggi menjadi era 6.0 hingga 7.0.

"Jadi master plan dengan demikian yang sifatnya rujukan teknis dan teramat teknis, itu kami lepaskan dari masterplan. Mereka melihat kekayaan khatulistiwa salah satunya adalah untuk peluncuran-peluncuran itu. Dan itu tidak bisa secara detail dan rinci mengenai itu," jelas Suharso.

SpaceX menganggap IKN cocok sebagai tempat peluncuran pesawat. Sehingga, jarak tempuh Indonesia-AS pun diperkirakan terpangkas menjadi hanya 2 jam.

Tak hanya Indonesia-AS, perjalanan ke negara lain di wilayah Asia juga akan makin mudah karena adanya pembangunan bandara di IKN.

"Jadi dari Indonesia-AS mungkin cuma 1 jam setengah atau 2 jam. Karena (peluncuran pesawat) itu dianggap sangat mungkin. Dan dari situ akan muncul bandara yang membawa ke Singapura, daerah Asia lainnya, Australia, dan seterusnya," pungkas Suharso.

Kompas.com mencoba menelusuri kebenaran informasi ini di situs resmi SpaceX, akun media sosial Elon Musk, maupun media internasional.

Namun, sejauh ini belum ada informasi yang menyebutkan bahwa SpaceX tertarik untuk membuat tempat peluncuran pesawat berkecepatan tinggi di IKN Baru.

Sementara di media internasional, justru yang muncul masih berkutat soal Presiden Jokowi yang menawarkan Elon Musk tempat peluncuran roket SpaceX di Pulau Biak, Papua, pada Desember 2020 lalu.

 

Penulis: Fika Nurul Ulya | Editor: Aprillia Ika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com