Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Buat Desain Metaverse untuk IKN, Seperti Apa?

Kompas.com - 14/01/2022, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sedang mempersiapkan pembuatan desain metaverse untuk Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, desain IKN dalam bentuk metaverse merupakan bagian dari rencana induk (masterplan).

Masterplan ini disusun berdasarkan kajian teknokratis. Di dalamnya terdapat key perfomance indicator (KPI) sebagai benchmark.

"Kami sedang persiapkan kota ibu kota negara dalam bentuk metaverse," ujar Suharso dalam rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: IAI Tegaskan Desain Istana IKN Harus Dirancang oleh Arsitek Berlisensi

Menurut dia, rencana induk pembangunan IKN tidak bisa dipisahkan dengan kemajuan teknologi.

Fiber optic infrastructure tidak bisa hanya berbasis pada era 4.0 atau 5.0. Mengingat ke depannya akan menjadi era 6.0 hingga 7.0.

Suharso menyebut desain metaverse IKN akan tersedia dalam empat bulan mendatang.

"Kita kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram, tapi sekarang sudah ada metaverse. Mudah-mudahan dalam 4 bulan, kami di Bappenas bisa tunjukkan kira-kira IKN kalau jadi seperti ini (di metaverse)," jelasnya.

Arsitektur urban untuk IKN menjadi sangat penting di tengah perkembangan zaman. Sehingga dengan adanya desain metaverse, bentuk IKN beserta pembangunannya menjadi lebih jelas.

"Jadi bukan lagi dalam bentuk maket, tapi tidak juga hologram, tapi sudah reaktif. Ini sedang dikerjasamakan. Mudah-mudahan memang 4 bulan bisa dilihat. Kita ingin kota itu cantik, indah dan jelas judulnya. Bukan kota tanpa judul," pungkasnya.

 

Penulis: Fika Nurul Ulya | Editor: Aprillia Ika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com