Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Optimistis Homestay di Mandalika Terisi Penuh Jelang MotoGP

Kompas.com - 13/01/2022, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis, homestay yang dibenahi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terisi penuh menjelang gelaran MotoGP 2022.

Hal ini dia sampaikan saat meninjau lokasi homestay di Dusun Ebangah dan Gerupuk, Desa Sengkol, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1/2022).

“Tadi, saya sudah mengecek satu per satu dari homestay yang telah dikerjakan oleh Kementerian PU, nanti kita lihat Maret apakah ini terisi atau tidak. Menurut saya, Insya Allah terisi semuanya,” kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (13/1/2022).

Jokowi berharap, gelaran balap motor kelas dunia tersebut diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Untuk diketahui, Kementerian PUPR membangunan 915 sarana hunian pariwisata (Sarhunta) yang terdiri 398 homestay dan 517 unit rumah swadaya.

Sarhunta tersebut dibangun sebagai alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung guna menikmati ajang MotoGP.

Baca juga: Nonton MotoGP, Anda Bisa Bermalam di Homestay Warga, Hanya Rp 250.000 Per Malam

Sebelumnya, Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR KM Arsyad mengatakan, Sarhunta dibangun karena adanya keterbatasan hotel.

Penataan homestay di KSPN Mandalika ini berpedoman pada arsitektur khas Lombok dan disertai penataan lanskap.

Kualitas rumah swadaya untuk homestay dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa kriteria delienasi lokasi.

Contohnya, kemudahan akses, ketertarikan daya tarik wisata, ketersediaan amenitas, kesesuaian tata ruang zonasi, serta ketersediaan klaster perumahan.

Sejatinya, pembangunan homestay dilaksanakan sama halnya dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yaitu melibatkan masyarakat sebagi subyek.

Sarhunta yang dibangun oleh pemerintah telah dilengkapi oleh sejumlah fasilitas penginapan seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam.

Selain itu, hunian tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com