Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Homestay di Kawasan Mandalika Setara Hotel Budget

Kompas.com - 12/01/2022, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penonton MotoGP 2022, di kawasan Mandalika, NTB, kini memiliki banyak pilihan sarana akomodasi. Selain hotel, tersedia pula homestay.

Homestay ini merupakan bagian dari program pembangunan sarana hunian pariwisata (sarhunta) yang digagas Kementerian PUPR.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, jumlah homestay yang dibangun sebanyak 398 unit dan tersebar di dua wilayah.

Baca juga: Nonton MotoGP, Anda Bisa Bermalam di Homestay Warga, Hanya Rp 250.000 Per Malam

Rinciannya, 300 unit berada di Kabupaten Lombok Tengah, sisanya 98 unit di Kabupaten Lombok Utara.

Homestay ini sebelumnya merupakan rumah tak layak huni (RTLH) milik warga yang dipercantik dengan mengusung fasad kearifan lokal. Harga sewa yang dibanderol pun cukup terjangkau.

Salah satu homestay di Kawasan Mandalika, NTBDok. Kementerian PUPR Salah satu homestay di Kawasan Mandalika, NTB
Struktur fisiknya dirancang layaknya chain hotel berstandar internasional dengan luasan 12 meter persegi.

Sekilas, tampilan homestay yang dikelola warga secara mandiri ini mirip hotel budget yang dikenal ekonomis bagi pelancong.

Sehingga, homestay ini patut dipertimbangkan sebagai pilihan bermalam ketika wisatawan hendak menonton MotoGP pada Maret 2022 mendatang.

Tampilan kamar tidur di salah satu homestay Kawasan Mandalika, NTBDok. Kementerian PUPR Tampilan kamar tidur di salah satu homestay Kawasan Mandalika, NTB
Kepala Balai P2P Nusa Tenggara I Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Rini Dyah Mawarty mengatakan, homestay ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Seperti tempat tidur, pendingin udara, kipas angin, serta kamar mandi bersih demi kenyamanan para tamu.

"Selain itu, lingkungan sekitar juga jadi lebih tertata dan menjadi destinasi wisata baru di daerah Lombok Tengah karena dekat dengan Pantai Gerupuk," katannya dalam keterangan pers, Rabu (12/01/2022).

Tampilan kamar tidur di salah satu homestay kawasan Mandalika yang telah tersedia wastafel hingga AC.Dok. Kementerian PUPR Tampilan kamar tidur di salah satu homestay kawasan Mandalika yang telah tersedia wastafel hingga AC.
Rini juga mendorong masyarakat untuk berswadaya membangun hunian yang layak serta mendesain homestay dengan ciri khas kearifan lokal agar lebih menarik wisatawan yang datang saat MotoGP berlangsung.

Selain itu, homestay yang ada juga sudah mendapat sertifikat Kebersihan, Sehat, Aman dan Kelestarian Lingkungan atau CHSE dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB serta memenuhi protokol kesehatan Covid-19.

Salah satu Homestay di Kawasan Mandalika, NTBDok. Kementerian PUPR Salah satu Homestay di Kawasan Mandalika, NTB
Masyarakat juga mendapat pelatihan tentang tata cara mengelola homestay dan promosi melalui media sosial maupun media pemesanan online agar bisa diakses oleh semua orang.

"Kami sudah menyiapkan ratusan Sarhunta bagi para penggemar MotoGP yang akan datang ke Mandalika. Silakan menginap di Sarhunta yang kami bangun bersama masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com