Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IAI Beberkan Karakteristik Gedung yang Mesti Dibangun di IKN

Kompas.com - 08/01/2022, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Georgius Budi Yulianto mengatakan, desain Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur harus dapat merepresentasikan visi misi Indonesia ke depan.

Sebagai contoh, Istana Negara yang akan segera dibangun dan menjadi simbol penting bagi Indonesia, adalah representasi wajah arsitektur bangsa ini. 

"Desainnya tentu harus mewakili visi pemimpin atau pemikiran putra puteri terbaik bangsa yang kompeten dan akuntabel di bidangnya dan tidak semata melihat arsitektur sebagai sebuah ‘relic’ atau benda sejarah di masa lampau, namun bisa menghadapi tantangan dan kebutuhan ke depan," papar Georgius kepada Kompas.com, Jumat (07/01/2022).

Menurutnya, arsitektur Istana Negara bukan sekadar bangunan di dalam kompleks IKN, melainkan harus mencerminkan sikap tegas Indonesia menuju perancangan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Baca juga: Tak Hanya Istana, Nyoman Nuarta Diminta Merancang Masterplan Kebun Raya IKN

"Sosok Istana Negara sebagai bangunan yang sarat dengan simbol harus menunjukkan martabat, dignity, tidak lekang oleh waktu atau timeless, tegas, lugas dan tidak rumit," imbuh dia.

Georgius atau akrab disapa Boegar menilai pada dasarnya karya arsitektur akan selalu berkembang dinamis menjawab perkembangan zaman.

Terdapat empat hal yang menjadi tantangan arsitektur skala global pada saat ini yaitu penghematan energi, penghematan pemakaian sumber daya alam, pengurangan emisi gas rumah kaca, hingga isu lingkungan dan sosial.

"Dibangunnya Istana Negara IKN ini harus dapat menjawab sejumlah tantangan tersebut," tegasnya.

Menurut Boegar, presiden telah menyampaikan komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Conference od The Parties/COP26 yang digelar November 2021.

"Dengan begitu, penilaian terhadap karya arsitektur itu ya sudah berkembang jauh dan tidak hanya sekedar mengenai bentuk dan estetika saja," imbuhnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui desain final bangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Basic design Istana Negara IKN karya Perupa Nyoman Nuarta tersebut bahkan telah menjadi desain terakhir yang siap untuk diwujudkan.

Disetujuinya basic design Istana Negara IKN oleh Presiden Jokowi diberikan pada saat Nyoman diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempersentasikan desain tersebut, Senin (03/01/2022).

Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara yaitu Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga meminta Nyoman untuk tetap bersedia membantu pemerintah dalam mewujudkan istana kepresidenan di IKN baru.

“Arahan itu juga meminta agar saya turut menyelaraskan desain gedung-gedung di seluruh kawasan IKN Semua itu sedang dikoordinasikan,” ujar Nyoman dalam keterangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com