Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Istana, Nyoman Nuarta Diminta Merancang Masterplan Kebun Raya IKN

Kompas.com - 06/01/2022, 17:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain final Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sang desainer, Nyoman Nuarta mengatakan, basic design Istana Negara ini telah menjadi desain terakhir yang siap diwujudkan.

“Artinya desain yang saya presentasikan di hadapan Bapak Presiden, sudah tidak bisa lagi diubah, sudah final sebagai desain istana kepresidenan,” kata Nyoman dalam keterangannya, Rabu (05/01/2022).

Baca juga: Disetujui Jokowi, Desain Istana Negara IKN Karya Nyoman Nuarta Banjir Pujian

Nyoman menjelaskan, proses disetujuinya desain Istana Negara atau Istana Garuda diawali pada 3 Januari 2022.

Dia diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempresentasikan basic design kepada Presiden Jokowi.

Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara yaitu Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

"Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek konial," lanjut dia.

Selain membuat design basic Istana Negara, Nyoman juga diminta Jokowi untuk turut serta merancang masterplan kawasan IKN yang mengintegrasikan Istana Presiden, Kebun Raya, dan Kebun Bunga.

Selain itu, Presiden juga meminta Nyoman untuk tetap bersedia membantu pemerintah dalam mewujudkan istana kepresidenan di IKN baru.

“Arahan itu juga meminta agar saya turut menyelaraskan desain gedung-gedung di seluruh kawasan IKN. Semua itu sedang dikoordinasikan,” ujarnya.

Dia mengaku telah mengetahui konsep gedung-gedung perkantoran yang akan dibangun di IKN yang dirancang oleh para arsitek Indonesia.

"Saat pertemuan dengan Presiden, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti juga telah mempresentasikan gedung-gedung perkantoran yang akan dibangun di kawasan IKN, yang dirancang oleh para arsitek," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com