Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Menggunakan Gorden yang Perlu Dihindari

Kompas.com - 09/04/2024, 17:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendesain ruangan, banyak pemilik rumah hanya berfokus pada warna dinding, gaya furnitur, dan lantai. 

Padahal, ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat mendekorasi ruangan. Salah satunya gorden yang biasanya dipasang di jendela. 

Baca juga: Inilah Kesalahan Memilih Gorden yang Harus Dihindari

Memilih gorden yang tepat akan membuat ruangan terlihat lebih cantik dan menarik. Sayangnya, masih banyak pemilik rumah yang melakukan kesalahan saat menggunakan gorden. 

Dilansir dari Livingetc, Selasa (9/4/2024), berikut ini beberapa kesalahan menggunakan gorden yang perlu dihindari. 

Menggunakan gorden yang ukurannya tidak sesuai

Ilustrasi gorden warna coklat muda. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi gorden warna coklat muda.

Salah satu kesalahan saat menggunakan gorden yaitu menggunakan gorden yang ukurannya tidak tepat. Sebaiknya, ukuran gorden disesuaikan dengan ukuran jendela. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Gorden Rumah Minimalis

Sebab, ukuran gorden yang tidak sesuai tak hanya terlihat aneh, namun juga tidak akan menghalangi cahaya secara efisien. 

Namun, Amy Wilson, desainer interior di 247 Gorden, mengatakan lebih baik menggunakan gorden yang lebih panjang dari ukuran jendela dibandingkan gorden yang kekecilan. 

Menurut Amy, gorden yang menyentuh lantai bisa menambah kesan mewah di dalam ruangan. Akan tetapi, jika sudah terlanjur membeli gorden yang terlalu pendek, maka bisa menyesuaikan perlengkapannya. 

Misalnya, dengan memasang tiang gorden lebih rendah agar gorden tidak terlihat terlalu pendek dan menggantung. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Gorden Ruang Tamu

Memilih desain gorden yang tidak sesuai dengan gaya ruangan

Selanjutnya, kesalahan menggunakan gorden yaitu menggunakan desain gorden yang tidak sesuai dengan gaya interior ruangan.

Gorden harus bisa menyatukan ruangan. Jika desain gorden tidak sesuai dengan gaya interior, maka tampilan ruangan terlihat kurang serasi. 

Amy mengatakan jika ruangan menggunakan dekorasi mewah, maka gorden yang digunakan sebaiknya memiliki motif bunga. Sementara itu, untuk ruangan yang lebih kalem, sebaiknya pilih gorden yang polos agar terlihat menyatu dengan ruangan. 

Memilih gorden bermotif cerah pada ruangan berwarna netral hanya akan memberikan kesan norak dan berlebihan. Begitu pula dengan gorden tipis dur ruangan penuh warna, hanya akan mengganggu keharmonisan ruangan. 

Selain itu, gorden yang terlalu serasi dengan soft furnishing lain di ruangan juga sebaiknya dihindari. Sebab, hal ini akan membuat tampilan ruangan terlihat datar dan membosankan. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Gorden Terbaik untuk Kamar Tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com