Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2024, 17:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gorden atau tirai merupakan salah satu ornamen dekorasi ruangan yang tidak boleh disepelekan. Gorden bisa membuat ruangan terlihat lebih cantik dan menarik.

Di siang hari, gorden juga bisa menghalau sinar matahari berlebih, sehingga suasana di dalam rumah tetap sejuk. Gorden umumnya dipasang di jendela, sehingga bisa menjaga privasi.

Baca juga: 5 Aturan yang Harus Diketahui Sebelum Menggantung Gorden

Pemasangan gorden seringkali digantung pada batang rel, sehingga mudah saat dibuka dan ditutup. Namun ternyata, gorden juga bisa dipasang tanpa batang rel, sehingga tidak perlu mengebor dinding.

Dikutip dari Homes and Gardens, Selasa (9/1/2024), berikut ini cara menggantung gorden dengan batang rel dan tanpa batang rel.

Cara memasang gorden dengan batang rel

Ilustrasi gorden di ruang tamu.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi gorden di ruang tamu.

Jika ingin memasang gorden di batang rel, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengukur batang rel yang akan digunakan. Sebaiknya, gorden di gantung di atas dan di sekitar jendela agar bisa menutupi seluruh bagian jendela.

Maka dari itu, untuk menentukan ukuran batang rel, ukur terlebih dahulu lebar jendela dan tambahkan 25 hingga 30 cm. Selanjutnya, ukur setiap sisi jendela dan tambahkan 51 hingga 61 cm.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang Gorden Kamar Tidur

Apabila kedua sisi jendela kurang lebar, maka cukup tambahkan 10 sampai 13 cm saja. Rencanakan untuk menggantung batang rel 20 sampai 25 cm di atas jendela.

Pada ruangan berplafon tinggi, tempatkan batang rel 30 sampai 61 cm di atas jendela. Selanjutnya, ukuran panjang dan lebar dari atas batang rel sampai ke lantai untuk mendapatkan ukuran gorden dengan tepat.

Setelah mendapatkan ukuran yang tepat, tandao braket pada ketinggian yang benar dan dengan jarak yang sama di setiap sisi jendela. Lalu, pasang braket ke dinding sesuai dengan posisi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Langkah berikutnya yaitu memasang gorden pada pengait. Tempatkan gorden di masing-masing pengait, lalu atur sedemikian rupa agar gorden terlihat rapi.

Baca juga: 3 Ide Memasang Gorden pada Pintu Kamar Tidur

Cara menggantung gorden tanpa batang rel

Pemasangan gorden ternyata bisa dilakukan tanpa menggunakan batang rel. Ada beberapa alternatif pemasangan gorden yang bisa dipilih. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kawat tirai

Gorden di kamar tidurShutterstock/musa122 Gorden di kamar tidur

Kawat tirai bisa melintasi lebar jendela, sehingga mudah diperbaiki dan diatur. Caranya, pasang kawat ke jendela.

Lalu, gantungkan gorden pada kawat tersebut dan tata agar tampilan gorden rapi. Cara pemasangan ini cocok untuk gorden yang tipis.

Tali

Selain menggunakan kawat, tali juga bisa dipilih untuk menggantungkan gorden di jendela.

Pemasangan gorden menggunakan tali cocok untuk konsep rumah bergaya pedesaan. Pastikan meregangkan tali sampai kencang agar gorden terlihat rapi.

Baca juga: 4 Cara Memasang Gorden Tanpa Batang Rel

Kenop kabinet

Terakhir, gunakan kenop kabinet untuk menggantung gorden. Pasang kenop di dinding, lalu pasang gorden dengan benar.

Perlu diketahui bahwa gorden yang dipasang menggunakan kenop kabinet tidak bisa digeser seperti cara pemasangan dengan batang rel, tali, maupun kawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com