Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2024, 09:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa berwarna terang membuat ruangan terlihat lebih cantik dan menarik. Pilihan warna cerah untuk sofa juga sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dan konsep interior ruangan. 

Meski cantik dan menarik, sofa berwarna terang membutuhkan perawatan ekstra agar tampilannya tetap bersih dan warnanya tidak pudar. 

Dikutip dari Livspace, Selasa (9/4/2024), berikut tips merawat sofa berwarna terang yang bisa dilakukan dengan mudah. 

Baca juga: 7 Cara Mempertahankan Warna Sofa Terang di Rumah

Bersihkan dengan rutin

Ilustrasi membersihkan noda kopi pada sofa putihShutterstock/Africa Studio Ilustrasi membersihkan noda kopi pada sofa putih

Sofa berwarna terang perlu dibersihkan dengan rutin untuk menjaga agar sofa terbebas dari debu dan warnanya tidak pudar. 

Membersihkan sofa bisa dilakukan dengan mudah menggunakan lap lembap dan bahan pembersih alami seperti baking soda maupun bahan pembersih lainnya. 

Lakukan pembersihan kering tepat waktu

Selanjutnya, tips merawat sofa berwarna cerah yaitu melakukan pembersihan kering tepat waktu. Pembersihan kering bisa dilakukan menggunakan vacuum cleaner atau kemoceng. 

Tujuan perawatan ini yaitu untuk menghilangkan debu dan kotoran kering lainnya dari permukaan sofa. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 4 Cara Membersihkan Sofa Suede

Mencegah noda menempel di sofa

Selain melakukan pembersihan rutin, mencegah noda menempel di sofa terang juga penting untuk dilakukan. Sebisa mungkin hindari makan, minum, atau mengecat kuku di sekitar sofa. 

Sebab makanan, minuman, dan pewarna buatan bisa meninggalkan noda permanen di sofa. Ajarkan aturan ini ke seluruh anggota keluarga agar tampilan dan warna sofa tetap terjaga. 

Pindahkan sofa saat mengadakan acara penting di rumah

Saat mengadakan acara penting di rumah, pasti ada waktu untuk makan dan minum bersama. Maka dari itu, sebaiknya pindahkan sofa saat hendak mengadakan acara penting di rumah. 

Tujuannya tentu saja untuk mencegah tumpahan makanan maupun minuman di sofa. Jika tidak memiliki ruangan lain untuk meletakkan sofa sementara, maka tak ada salahnya untuk menutup sofa dengan sarung sofa atau kain. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Sofa dengan Uap

Jauhkan sofa dari paparan sinar matahari langsung

Ilustrasi ruang keluarga dengan sofa berwarna netral.Shutterstock/Gaurav Kumar Editor Ilustrasi ruang keluarga dengan sofa berwarna netral.

Tips merawat sofa berwarna cerah lainnya yaitu menjauhkan sofa dari paparan sinar matahari langsung. 

Perawatan ini berguna untuk memastikan warna cerah tidak pudar. Dengan demikian, tampilan sofa selalu menarik dan cantik. 

Berpindah tempat saat duduk di sofa

Jangan hanya duduk di area yang sama karena bisa menyebabkan bagian sofa turun dan tingkat ketinggian sofa berbeda. 

Tak hanya itu, duduk hanya di satu area membuat area tersebut cepat kotor dibandingkan bagian lain. Untuk menghindari hal-hal tersebut, sebaiknya pindah tempat saat duduk di sofa, terutama jika duduk dalam waktu yang lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com