Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Merawat Sofa agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Kompas.com - 15/09/2022, 12:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah furnitur yang harganya cukup mahal. Dengan banyak jenis dan model sofa yang dijual di pasaran, mungkin sulit untuk mempersempit semua pilihan dan memilih bagian yang benar-benar Anda sukai.

Jadi, ketika Anda membeli sofa yang Anda sukai, perlu dipastikan bahwa sofa tersebut akan tahan lama. Ini adalah kunci dari perspektif keuangan dan lingkungan.

Menurut Leah Howatson, wakil presiden pemasaran Castlery, dikutip dari Hunker, Kamis (15/9/2022), sofa yang dibuat dengan buruk mungkin tampak menarik pada awalnya, tetapi kemungkinan akan berakhir di tempat pembuangan sampah setelah kain mulai robek, dan kursi mulai kendur.

Baca juga: Jangan Lakukan 8 Kesalahan Ini saat Membeli Sofa

Ilustrasi sofa, bantal sofa, Ilustrasi sofa sectional.PEXELS/RACHEL CLAIRE Ilustrasi sofa, bantal sofa, Ilustrasi sofa sectional.

Howatson berpendapat, berinvestasi dalam furnitur yang dibangun dengan baik yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi selalu merupakan pilihan yang baik karena bisa tahan lama, menghemat uang, dan mencegah pemborosan.

Sejumlah faktor memengaruhi berapa lama sofa akan bertahan. Cristina Munteanu, kepala penjualan di Chesterfields, bergantung pada merek dan model sofa, dan dari bahan apa furnitur itu dibuat, umur rata-rata sofa adalah 10 tahun, umumnya antara lima hingga 25 tahun.

Dalam hal bahan yang sangat tahan lama, Howatson menyukai kain poliester modern, yang dikenal tahan noda dan mudah dibersihkan. Para ahli menyatakan, sofa kulit juga sangat tahan lama, tetapi akan pudar dan aus seiring waktu.

Berikut beberapa cara merawat sofa agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Baca juga: Seberapa Sering Sofa Harus Dibersihkan?

1. Bersihkan dengan vacuum cleaner secara teratur

Vacuum cleaner tidak hanya untuk lantai. Anda juga dapat menggunakannya di sofa.

Namun, pastikan untuk merujuk ke panduan kain pelapis sofa terlebih dahulu untuk menentukan apakah metode pembersihan ini aman atau tidak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com