Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meletakkan Sofa di Depan Jendela Tidak Bagus Kata Feng Shui, Mengapa?

Kompas.com - 12/07/2022, 21:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menerapkan feng shui melalui dekorasi rumah tak hanya menghadirkan energi positif, tetapi juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk berbagai ruangan, salah satunya ruang tamu

Menghadirkan feng shui di ruang tamu dapat dilakukan melalui penempatan furnitur atau cermin. Ini dapat memberikan ruangan yang harmonis dan seimbang. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Sofa Baru

Salah satu perubahan terbesar yang bisa dilakukan adalah penempatan sofa. Umumnya, kebanyakan pemilik rumah menempatkan sofa di depan jendela.

Penempatan sofa ini memiliki keunggulan estetika, tapi ide tata ruang tamu yang populer ini dapat menyebabkan beberapa masalah menurut feng shui.  

Mengapa tidak boleh meletakkan sofa di depan jendela?

Ilustrasi sofaShutterstock/Antoha713 Ilustrasi sofa
Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (12/7/2022), Melissa Waite Stamps, ahli feng shui, meski sofa yang ditempatkan di depan jendela itu terlihat bagus, hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah.

Posisi penempatan sofa ini juga menjadi salah satu hal utama yang harus dihindari karena tidak menawarkan perlindungan pada ruangan. 

Baca juga: 5 Warna Terbaik untuk Pintu Masuk Rumah Berdasarkan Feng Shui 

"Sofa, meja, dan tempat tidur membutuhkan dinding untuk menopang. Ini bisa disebut 'gunung di belakang' karena menawarkan perasaan perlindungan," kata Melissa.

Namun, masalah tidak berakhir di situ. Chi atau energi yang masuk melalui jendela bisa kuat atau kacau, tergantung pada apa yang terlihat dari jendela atau pandangan yang dibawanya ke dalam ruang. 

Baca juga: 4 Tips Feng Shui Tempat Tidur untuk Menjamin Istirahat Berkualitas

Karena itu, menempatkan sofa di depan jendela dapat menciptakan perasaan rentan dan gelisah, sementara Chi yang kuat atau deras memasuki ruangan.

Menurut Melissa, pintu depan adalah "mulut Chi" rumah untuk Chi ia memasuki ruang dan bersirkulasi melalui bangunan. Semua pintu dan jendela membiarkan Chi masuk.

Karena itu, meletakkan sofa di depan jendela tidak dianggap sebagai posisi paling beruntung dalam feng shu. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Set Sofa Terbaik untuk Ruang Keluarga 

Beri jarak antara sofa dan jendela 

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modularShutterstock/Svet_Feo Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular
Lantas, di mana harus meletakkan sofa di ruang tamu?

Melissa menjelaskan, ada cara menciptakan suasana positif di rumah dengan menempatkan tanaman berukuran tinggi di belakang sofa untuk mewakili "gunung di belakang".

Ini akan mengurangi potensi energi Chi yang kacau atau terburu-buru masuk melalui jendela. Selain itu, sebaiknya sofa harus berjarak setidaknya 30 sentimeter dari jendela. 

Baca juga: 5 Tips Feng Shui Menata Kamar Tidur untuk Istirahat yang Berkualitas

"Ini memungkinkan gorden dapat ditarik maju-mundur tanpa tersangkut dan memudahkan membersihkan bagian belakang," ucap Melissa. 

Menurut Jen Ebert, Editor Digital Homes & Gardens, menarik sofa dari jendela dengan jarak 30 sentimeter dapat meningkatkan perasaan ruang tamu yang lapang.

Sebaliknya, meletakkan furnitur hingga ke batas ruangan akan membuat ruang tamu terasa lebih kecil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com