Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2024, 10:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencakar atau menggaruk adalah perilaku alami kucing. Kucing bisa mencakar benda atau permukaan apa pun yang ada di rumah, salah satunya sofa.

Tentu saja, perilaku kucing menggaruk sofa ini bisa menyebabkan kerusakan dan membuat tampilan sofa kurang menarik. 

Baca juga: Mengenal Kucing Toyger yang Mirip Harimau, Tertarik Memeliharanya?

Sayangnya, Anda tidak akan bisa menghentikan perilaku kucing menggaruk sofa atau benda apa pun sama sekali. Ini adalah perilaku alami kucing dan sahabat bulau melakukannya karena beberapa alasan. 

Ada sejumlah penyebab kucing menggaruk sofa, di antaranya menjaga cakarnya tetap dalam kondisi prima dan menandai wilayahnya, baik dengan isyarat visual berupa bekas cakaran maupun dengan feromon yang kucing disimpan melalui cakarnya.

Selain itu, penyebab kucing menggaruk soda untuk memberikan peluang kucing melakukan peregangan yang baik.

Menurut Rumah Sakit Hewan VCA, Amerika Serikat, (AS) pada umumnya, kucing luar ruangan mencakar benda-benda yang menarik di sekitarnya, seperti batang pohon dan tiang.

Kucing peliharaan atau di dalam ruangan cenderung menggaruk furnitur, termasuk sofa.  

Namun, Anda tidak perlu berputus asa. Untungnya, ada cara menjaga sofa tetap aman dari garukan kucing. Kuncinya, mengarahkan kucing peliharaan ke target lain.

Nah, dilansir dari Washington Post, Selasa (2/4/2024), berikut cara mencegah kucing menggaruk sofa.

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen, Mana Kesukaan Anda? 

Pilih tiang garukan

Ilustrasi kucing menggaruk tiang garukan.Shutterstock/Svetlana Rey Ilustrasi kucing menggaruk tiang garukan.
Tempat ideal bagi kucing menggaruk atau menggunakan cakarnya adalah di tiang garukan. Namun, tidak semua tiang garukkan dibuat sama dan mungkin perlu beberapa kali percobaan dan kesalahan untuk menemukan  yang disukai kucing peliharaan. 

Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah tekstur. Beberapa kucing menyukai rasa menonjol pada tiang garukan yang dilapisi karpet, sementara yang lain lebih menyukai karton atau sisal.

“Anda mungkin perlu menawarkan kucing sedikit kafetaria atau prasmanan dan lihat apa yang mereka pilih,” kata Amy Pike, ahli perilaku hewan dan pemilik Animal Behavior Wellness Center di Fairfax, AS. 

Ada juga pertanyaan tentang vertikal vs horizontal. Kebanyakan kucing menyukai tiang garukan yang tinggi, tetapi beberapa lebih menyukai permukaan yang rata dengan tanah.

Jika Anda ingin vertikal, pastikan  mendapatkan sesuatu yang kokoh.

Jackson Galaxy, pakar perilaku kucing dan penulis Total Cat Mojo, mengatakan salah satu daya tarik furnitur adalah furniturnya tidak terbalik ketika kucing menggaruknya ke bawah dalam waktu lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com