Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2024, 20:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aroma makanan yang baru matang terasa sangat sedap dan menggiurkan. Namun, aroma tersebut menjadi tidak sedap jika dibiarkan terlalu lama dalam satu ruangan. 

Bahan masakan seperti ikan, rempah-rempah beraroma kuat, bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah cenderung menimbulkan bau tak sedap di dapur

Bau di dapur tak hanya disebabkan oleh bahan masakan, perlengkapan dapur dan tempat sampah yang kotor juga bisa menimbulkan aroma tak sedap.

Baca juga: 3 Cara Mudah Membuat Dapur Wangi Kembali

Akibatnya, dapur menjadi tidak nyaman dan menjijikan. Untuk mencegah aroma tak sedap di dapur, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. 

Dilansir dari Woman and Home, Senin (4/3/2024), berikut tips agar dapur selalu wangi dan nyaman. 

Segera bersihkan dapur setelah memasak

Ilustrasi membersihkan dapurShutterstock/Stock-Asso Ilustrasi membersihkan dapur

Cara mudah untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur yaitu membersihkan dapur setelah memasak 

Bersihkan semua alat yang digunakan untuk memasak dan buang sampah bahan masakan ke tempat sampah. Pastikan juga kompor dan meja dapur bersih untuk mencegah penumpukan sisa masakan dan bau tak sedap. 

Baca juga: Cara Membersihkan Dapur dengan Cepat, Hanya 15 Menit

Letakkan lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi tak hanya bisa digunakan di ruang tamu maupun kamar tidur. Lilin aromaterapi juga bisa ditempatkan di dapur untuk menjaga agar dapur selalu wangi. 

Taylor Perlis, evaluator wewangian di Yankee Candle merekomendasikan lilin beraroma jeruk untuk mengurangi intensitas bau masakan di dapur. Aroma jeruk yang segar juga membuat dapur terasa lebih menyenangkan. 

Pastikan ventilasi udara berfungsi dengan baik

Tips agar dapur selalu wangi lainnya yaitu menjaga ventilasi udara berfungsi dengan baik. Henrique Conceicao, manajer area di perusahaan pembersih komersial Total Clean, bahkan menyarankan untuk berinvestasi pada sistem ventilasi berkualitas dan memastikan udara mengalir ke seluruh dapur untuk mencegah bau menyengat. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Jendela Dapur agar Terlihat Estetik

Saat memasak, sebaiknya gunakan kipas ekstraktor untuk memastikan udara yang menyengat tersaring dengan efisien. 

Jika tidak memiliki kipas ekstraktor, bau tak sedap bisa dihilangkan dengan membuka jendela yang ada di dapur. Dengan demikian, udara segar dari luar ruangan bisa masuk ke dapur dan membuat dapur lebih segar. 

Masak bahan alami yang beraroma harum

Bahan dapur tertentu ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami. Bahan-bahan yang bisa digunakan seperti kulit jeruk, lemon, jeruk, batang kayu manis, dan cengkeh. 

Bahan-bahan tersebut bisa dimasak dengan cara direbus. Bahan alami tersebut akan mengeluarkan aroma segar yang menyebar ke seluruh ruangan dan membuat dapur lebih wangi. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Dapur Harum dan Segar

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com