Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencegah Noda Saat Memasak agar Dapur Tidak Cepat Kotor

Kompas.com - 08/08/2023, 22:30 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memasak, tanpa disadari seringkali tertinggal noda dari makanan yang jatuh atau percikan minyak di sekitar kompor. Terkadang, noda akibat tak hanya ditemukan pada alat masuk, namun terlihat juga pada dinding dapur dekat kompor.

Kondisi tersebut membuat tampilan dapur menjadi kurang menarik dan terkesan kumuh. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk segera membersihkan area kompor setelah memasak.

Selain itu, ada juga beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk mengurangi noda ketika memasak di dapur. Dilansir dari Food and Nutrition, Selasa (8/8/2023), berikut ini tips mencegah noda saat memasak.

Baca juga: Hindari Memasak Bahan Makanan Ini di Air Fryer

1. Mulai memasak bahan makanan kering

Tips pertama yang penting untuk diperhatikan yaitu mulai masak bahan makanan yang kering. Hal tersebut dilakukan karena wajan yang panas akan mulai memercikan minyak atau air apabila bahan makanan yang dimasukkan pertama dalam kondisi basah.

Ilustrasi memasak di dapur.UNSPLASH/JASON BRISCOE Ilustrasi memasak di dapur.

Selain menyebabkan percikan yang membuat dapur kotor, percikan tersebut juga berisiko mengenai tangan atau bagian tubuh lain, sehingga cukup membahayakan.

2. Gunakan wajan yang besar

Ukuran wajan juga perlu diperhatikan. Wajah yang terlalu kecil akan membuat bahan makanan mudah terjatuh dan percikan minyak semakin banyak.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan wajan yang cukup besar, terutama saat memasak dalam jumlah banyak.

Baca juga: Simak, 5 Tips Aman Memasak dengan Panci Presto

3. Angkat tutup panci saat mendidih

Ketika sedang merebus air atau bahan makanan, saat mendidih pasti akan muncul gelembung dan letupan. Apabila panci tertutup, gelembung tersebut akan menyebabkan percikan yang kemudian menjadi noda di sekitar kompor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com