Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2022, 08:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki dapur yang selalu wangi cukup sulit untuk direalisasikan. Sebab, akan ada saja faktor yang membuat dapur berbau tidak sedap yang terjadi setiap hari.

Salah satunya adalah tempat sampah yang sudah penuh. Jika tidak segera dikosongkan, mereka bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap ke seluruh ruang dapur.

Baca juga: 5 Renovasi Dapur Sederhana, Bisa Dilakukan pada Akhir Pekan

Hidangan yang tengah dimasak pun dapat membuat dapur berbau, terutama hidangan yang menggunakan bahan makanan beraroma unik layaknya petai, jengkol, dan ikan.

Disadur dari The Kitchn, Sabtu (27/8/2022), para pemilik Airbnb di Amerika Serikat (AS) membeberkan sejumlah cara membuat dapur wangi kembali yang cukup mudah untuk dilakukan.

ilustrasi jeruk mandarin atau orange mandarin. PIXABAY/SAMUELES ilustrasi jeruk mandarin atau orange mandarin.

1. Jeruk

Sonja Wosnitzer, pemilik Luxe Duplex Guesthouse di Rumson, New Jersey, mengatakan bahwa cara membuat dapur wangi kembali bisa dilakukan hanya dengan sejumlah irisan jeruk segar.

Baca juga: Material Backsplash Dapur, Lebih Baik Kaca atau Ubin?

“Saya suka mengiris jeruk segar seperti lemon, jeruk, bahkan limau, dan merebusnya di atas kompor untuk memenuhi dapur dengan wangi yang bersih dan alami,” ujar Wosnitzer.

Irisan buah jeruk bisa dimasukkan ke dalam air, lalu rebus secara perlahan agar cairan tidak menguap terlalu cepat. Untuk mengurangi limbah dapur, masukkan juga kulit buah jeruk.

2. Pengharum ruangan

Cara lain untuk menghilangkan bau tidak sedap dari dapur adalah menggunakan pengharum ruangan. Semprotkan beberapa kali di seluruh area dapur untuk membuat ruangan wangi kembali.

Baca juga: 5 Warna Cat Terkini untuk Mewarnai Dapur, Apa Saja?

Pilih aroma segar seperti buah pir, lavender, selasih, atau geranium. Namun, jangan menggunakan pengharum ruangan terlalu berlebihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com