Kompas.com - 19/08/2022, 11:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMerenovasi dapur tidak melulu harus dilakukan hingga berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Sebab, ada sejumlah hal yang bisa direnovasi hanya dalam satu hari, misalnya pada akhir pekan. Renovasi pun tidak perlu dilakukan seharian penuh tergantung pada tingkat kesulitan yang dilakukan.

Baca juga: Feng Shui Larang Pintu Kamar Mandi Menghadap Kamar Tidur dan Dapur, Kenapa?

Disadur dari Martha Stewart, Jumat (19/8/2022), ada beberapa renovasi dapur sederhana yang bisa dilakukan pada akhir pekan, yakni sebagai berikut.

1. Backsplash atau dinding dapur

Ilustrasi dapur, ilustrasi backsplash, ilustrasi ubin subway.SHUTTERSTOCK / Luoxi Ilustrasi dapur, ilustrasi backsplash, ilustrasi ubin subway.

Backsplash adalah ubin atau papan khusus yang dipasang pada dinding di area kompor. Mereka berfungsi untuk mencegah dinding terkena kotoran apa pun dari makanan yang tengah diolah.

Material backsplash yang murah dapat memudahkan proses membersihkan cipratan. Selain fungsional, backsplash juga bisa dijadikan sebagai elemen dekoratif tersendiri.

Baca juga: Posisi Kompor dan Wastafel Menurut Feng Shui untuk Datangkan Rezeki

Pilih material dengan motif yang unik, entah itu ubin warna-warni atau pola gingham dasar untuk mengubah tampilan dan nuansa dapur.

2. Strip magnet untuk pisau

Strip magnet lebih dari sekadar elemen desain. Mereka adalah tambahan yang cukup fungsional untuk menyimpan pisau secara ideal.

Lebih lanjut, kehadirannya memungkinkanmu menghemat ruang penyimpanan di laci atau meja dapur. Strip magnet untuk pisau pun dapat membantu memastikan pisau tetap dalam kondisi prima.

3. Gagang tisu

Beberapa orang mungkin hanya menaruh tisu di ruang tamu untuk mengantisipasi tumpahan minuman atau remah makanan dari para tamu yang berkunjung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.