Kompas.com - 19/08/2022, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit banyak digunakan untuk menyejukkan ruangan saat cuaca panas. Ini terutama jika pemilik rumah tidak memasang AC di rumah.

Namun, Anda perlu waspada jika kipas angin gantung goyang-goyang. Pasalnya, itu bisa menjadi sumber kecemasan.

Dikutip dari Lifehacker, Jumat (19/8/2022), apakah kipas angin gantung bergetar atau goyang cukup kencang, sebaiknya segera lakukan perbaikan. Sebab, semakin lama ini terjadi, semakin berpotensi merusak langit-langit, merusak atau mematahkan kipas, atau, dalam kasus ekstrem, kipas angin jatuh.

Baca juga: Memasang Kipas Angin Plafon di Kamar Tidur Tidak Baik, Kenapa?

Ilustrasi kipas angin gantung di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi kipas angin gantung di kamar tidur.

Meskipun setiap perbaikan yang melibatkan pekerjaan listrik harus diserahkan kepada para profesional, berikut adalah beberapa langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab kipas angin gantung goyang dan cara memperbaikinya.

Penyebab kipas angin gantung goyang

Sementara sedikit goyangan adalah normal untuk kipas angin langit-langit, bisa saja kondisi bisa menjadi lebih buruk. Berikut beberapa kipas angin gantung goyang.

  • Bilah kipas angin kotor, rusak, atau bengkok
  • Ada komponen yang longgar
  • Mounting atau fitting yang tidak terpasang dengan aman ke langit-langit atau plafon rumah

Cara memperbaiki kipas angin langit-langit yang goyang

Meskipun Anda tahu apa yang menyebabkan kipas angin gantung goyang, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya.

Baca juga: Lokasi Terbaik Meletakkan Kipas Angin untuk Kesejukan Maksimal

1. Membersihkan kipas angin

Terkadang jika kipas angin langit-langit sangat kotor, membersihkannya secara menyeluruh dapat menghentikannya agar tidak bergetar. Namun, jika kondisi tidak berubah, lakukan langkah selanjutnya.

2. Periksa pemasangan di langit-langit

Pertama-tama kendurkan rumah braket untuk melihat bagaimana kipas dipasang ke langit-langit, yang berupa balok silang dengan sekrup lag, atau kotak listrik yang dipasang ke penyangga kipas yang dapat disesuaikan.

Halaman:
Sumber Lifehacker


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.