Kompas.com - 13/08/2022, 12:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu tempat pengundang rezeki dalam ilmu feng shui. Sebab, mereka adalah tempat bagi penghuni rumah untuk memasak beragam hidangan.

Salah satu rezeki yang bisa dinikmati dari kehadiran dapur adalah tubuh yang sehat, terutama jika hidangan selalu dibuat dengan bahan-bahan segar dan penuh nutrisi, serta dapur selalu dalam keadaan bersih.

Baca juga: 7 Cara Menata Ruang Tamu Berdasarkan Feng Shui

Konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia, Mas Dian, mengungkapkan bahwa dapur adalah tempat yang disakralkan dalam budaya Tiongkok kuno karena kehadiran Dewa Dapur yang mengawasi ruangan ini.

Dikutip dari buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, dewa bernama Zao Jun Ye ini dihormati oleh para penghuni rumah.

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.UNSPLASH/DULKIMSO HAKIM SANTOSO Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.

“Agar sang dewa tidak murka dan mau menurunkan berkah rezekinya, penghuni harus rajin menjaga kebersihan ruang tersebut,” ujar Mas Dian, seperti dilansir bukunya, Sabtu (13/8/2022).

Dapur dalam ilmu feng shui

Dalam ilmu feng shui, dapur adalah tempat yang akan mendatangkan keberuntungan, yang mana ini juga berkaitan dengan kualitas kesehatan anggota keluarga.

Ketika menerapkan feng shui dapur, kamu tidak hanya harus memerhatikan kebersihan dan kondisi ruangan, tetapi juga posisi peralatan dapur.

Ada dua peralatan dapur yang sering digunakan, yakni kompor dan wastafel. Keduanya harus diposisikan dalam titik yang tepat guna memastikan dapur memiliki aliran energi yang baik.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Bisa Membersihkan Energi Negatif Menurut Feng Shui

Lantas, di mana tempat kompor di dapur yang sesuai dengan feng shui? Untuk wastafel sendiri, apakah mereka harus diletakkan di dekat kompor?

Posisi kompor dan bak cuci piring sesuai feng shui

Mas Dian menjelaskan, kompor memiliki elemen api sementara bak cuci piring dan kulkas berunsur air. Dalam ilmu feng shui, dua elemen ini bersifat kontradiktif atau bertentangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.