Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Warna Cat Dinding yang Cocok untuk Lantai Kayu

Kompas.com - 04/03/2024, 16:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kayu merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan di rumah.

Lantai kayu memiliki tampilan alami, hangat, dan elegan sehingga membuat rumah terlihat modern serta nyaman. 

Baca juga: 3 Cara Bersihkan Noda Cat di Lantai Kayu

Namun, memilih lantai kayu untuk rumah perlu berhati-hati, salah satunya warna yang dipilih. Sebab, warna lantai kayu dapat mempengaruhi tampilan dan suasana ruangan serta harus disesuaikan dengan warna yang ada di ruangan, seperti dinding. 

Warna cat dinding yang Anda pilih bergantung pada warna lantai kayu, entah itu terang, gelap, atau sedang, serta jenis tampilan yang ingin Anda ciptakan pada ruangan tertentu.

Dilansir dari The Spruce, Senin (4/3/2024), sejumlah membagikan cara memilih warna cat dinding yang cocok untuk lantai kayu

Cara menentukan warna lantai kayu keras

Ilustrasi lantai kayu.Shutterstock/New Africa Ilustrasi lantai kayu.

Deborah Sauri, salah satu pemilik perusahaan desain dan bangunan TriVista USA, mengatakan secara umum, warna lantai kayu yang lebih terang memiliki rona dasar lebih sejuk, lantai kayu yang lebih gelap memiliki rona dasarlebih kaya, dan kayu sedang memiliki beragam rona dasar yang hangat, sejuk, dan netral, jelas

“Dengan menempatkan contoh cat atau sampel kain di dekat lantai kayu, ini dapat membantu menentukan warna dasar lantai,” katanya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Cat dari Lantai Kayu dengan Lemon

Lantai kayu lebih terang vs gelap

Saat memilih antara lantai kayu yang lebih terang dan lebih gelap, Anda harus selalu mempertimbangkan estetika yang diinginkan.

Menurut Maya Crowne, salah satu pendiri dan CEO Alkemis Paint, tidak ada aturan tegas mengenai apakah lantai kayu yang lebih terang atau gelap adalah yang terbaik. 

Sebaliknya, dia mencatat warna lantai kayu yang lebih terang cenderung bergaya Skandinavia, abad pertengahan, dan pesisir, sedangkan lantai yang lebih gelap dapat terlihat lebih elegan dan formal, tetapi juga dapat ditata agar terlihat nyaman.

Ingatlah juga pro dan kontra fungsional dari setiap gaya. Crowne menjelaskan, meski lantai kayu yang lebih terang dapat menyamarkan debu dan kotoran dengan lebih baik, lantai yang lebih gelap akan lebih baik dalam menyembunyikan bekas lecet. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Goresan dari Lantai Kayu

Karena alasan ini, Anne Grandinetti, desainer interior utama di Ashby Collective, menganggap lantai kayu medium adalah yang terbaik dari keduanya.

Faktor lain yang perlu diingat ketika memilih antara warna lantai kayu yang lebih terang dan gelap adalah seberapa banyak cahaya alami yang diterima ruangan tertentu.

"Jika ruangan kekurangan sinar matahari, jangan memilih warna kayu gelap," saran Sauri.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com