Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Benda yang Tidak Boleh Disimpan di Rumah Menurut Feng Shui

Kompas.com - 04/03/2024, 19:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal tahun menjadi waktu yang tepat untuk merapikan rumah. Lingkungan rumah yang rapi akan memberikan suasana yang tenang dan bebas stress. 

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat merapikan rumah yaitu memperhatikan barang-barang yang bisa mempengaruhi rasa tenang di dalam rumah. 

Baca juga: 5 Benda yang Tidak Boleh Diletakkan di Rumah Menurut Feng Shui

Menurut Feng Shui, ada beberapa benda yang sebaiknya tidak boleh disimpan di rumah karena bisa menghadirkan energi negatif

Dilansir dari Woman and Home, Senin (4/3/2024), berikut ini beberapa benda yang tidak boleh disimpan di rumah menurut Feng Shui. 

Barang pecah belah yang tidak terpakai atau rusak

Ilustrasi barang pecah belah di lemari dapur. SHUTTERSTOCK/KAZOKA Ilustrasi barang pecah belah di lemari dapur.

Salah satu barang yang harus disingkirkan dari dalam rumah yaitu barang pecah belah yang tidak digunakan atau rusak. 

Denise O’Dwyer seorang ahli Feng Shui bersertifikat mengatakan bahwa piring dan cangkir yang mengelupas, pecah, atau tidak dipakai bisa menguras Qi atau energi pribadi dan menghalangi energi positif di dalam ruangan tersebut. 

Baca juga: Simak, Cara Mengemas Barang Pecah Belah Sebelum Pindah Rumah

Sebagai informasi, Qi adalah energi yang terus mengalir di sekitar kita dan benda-benda di rumah. Energi ini bisa menjadi baik atau buruk tergantung pada jenis ruangan dimana Qi berada. 

Membersihkan benda yang rusak bisa memberikan perbedaan besar pada energi di dalam rumah dan menciptakan lingkungan yang lebih harmonis. Selain meningkatkan energi positif, menyingkirkan barang pecah belah yang rusak juga membuat lemari dan meja dapur terlihat lebih rapi. 

Kenang-kenangan yang menyakitkan

Kita biasanya akan menyimpan apapun yang sifatnya memorable, baik dalam bentuk foto, surat, atau barang-barang lain. Dalam Feng Shui, barang-barang yang mengingatkan pada kenangan buruk sebaiknya disingkirkan. 

Baca juga: 6 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Gudang Menurut Para Ahli

Denise mengatakan bahwa menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan ingatan negatif atau emosi yang belum selesai, bisa mencegah pertumbuhan dan mengundang QI negatif. 

Denise juga menyarankan untuk melepaskan kenang-kenangan yang tidak menyenangkan untuk menciptakan aliran energi segar dan positif, serta memberi ruang bagi orang-orang di sekitar agar lebih bahagia. 

Tanaman kering atau mati

Selanjutnya, benda yang tidak boleh disimpan di rumah yaitu tanaman kering atau mati. Menurut Denise, tanaman kering atau mati melambangkan keadaan tidak bernyawa dan menandakan kurangnya vitalitas. 

Tanaman kering atau mati juga bisa menciptakan energi stagnan dan menghalangi aliran Qi positif di rumah. Maka dari itu, jika memiliki tanaman hias di rumah, rawat dengan benar agar tetap segar dan subur. 

Baca juga: Ciri-ciri Tanaman Mati dan Cara Mengatasinya

Jam yang rusak atau tidak dipakai

ilustrasi jam rusakShutterstock/Veronika Mannova ilustrasi jam rusak

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com