Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2020, 13:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, tanaman akan memberikan ciri-ciri atau tanda ketika ia sedang dalam keadaan tidak baik atau sudah mati.

Meskipun petunjuknya sangat halus dan harus diperhatikan dengan seksama, Anda dapat melihatnya dari berbagai sisi. Misalnya, ketika tanaman kehilangan daunnya atau daunnya telah menjadi cokelat artinya ada sesuatu yang sedang terjadi dengan tanaman.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (28/12/2020), memang tanda-tanda itu tidak bisa dikatakan tanaman sudah mati, untuk memastikannya, Anda harus memeriksa bagian batangnya.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Indoor Ini Mampu Mempercantik Rumah

Tanaman yang masih sehat dan hidup, akan memiliki batang lentur dan kokoh serta memiliki warna hijau.

Jika batangnya lembek atau rapuh berarti tanaman itu sudah mati. Bila keadaannya sudah seperti itu, sulit untuk menyelamatkannya, kecuali jika akarnya masih bagus, tanaman itu akan tumbuh kembali dari akarnya.

Untuk menyelamatkannya potong batangnya sepertiga sekaligus. Namun jika menemukan bagian batang yang masih hidup, hal yang harus dilakukan adalah biarkan batang tersebut.

Bantuan Sinar Matahari

Jika sudah bisa menyelamatkannya, tempatkan tanaman dalam kondisi dimana akan mendapatkan sekitar setengah dari jumlah sinar matahari. Kemudian siram hanya jika tanah sudah terasa kering saat disentuh.

Baca juga: Tanaman Lidah Mertua Masih Akan Populer di Tahun 2021, Kenapa?

Namun, jika tidak periksa kembali akarnya untuk melihat tanaman telah mati atau tidak. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan biarkan tanah benar-benar kering.

Jika tanaman tersebut bertahan, dalam 3-4 minggu bisa terlihat batang atau daun baru diproduksi di tempat daun yang tua.

Saat daun dan batang menjadi lebih berkembang sempurna, potong bagian batang yang tidak menghasilkan daun atau batang. 

Apabila Anda tidak melihat daun atau batang baru setelah beberapa minggu, periksa kembali batang tanaman dan pangkas kayu mati saat batang mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com