Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 7 Kesalahan dalam Mendesain Dapur

Kompas.com - 28/12/2020, 11:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterbatasan lahan merupakan salah satu tantangan dalam mendesain suatu ruangan, salah satunya area dapur.

Fungsi utama dapur adalah untuk memasak dan menyiapkan makanan, sehingga harus sangat fungsional. Oleh karena itu, penting untuk selalu memulai proses desain dapur dengan melihat bagaimana Anda menggunakan ruang saat menyiapkan dan memasak makanan.

Jangan sampai alih-alih ingin mengaplikasikan desain yang diinginkan menjadikan dapur lebih tidak nyaman dan sempit karena banyaknya benda yang diletakkan di dalamnya.

 

Baca juga: Singkirkan 5 Peralatan Ini agar Dapur Lebih Luas

Dilansir dari Ideal Home UK, Senin (28/12/2020), saat mendesain dapur terkadang seseorang melupakan detail yang seharunya menjadi poinnya, seperti memikirkan di mana tempat sampah diletakkan, atau seberapa mudah akses untuk berlalu lalang sehingga memudahkan saat kegiatan memasak.

Mendesain dapur sederhana sebenarnya tak sulit, asal jangan melakukan kesalahan yang sering terjadi sebagai berikut. 

1. Melupakan ruang meja dapur yang cukup

Merencanakan setiap inci ruang yang bisa digunakan di dapur adalah suatu keharusan. Namun, kesalahan yang sangat umum dalam desain dapur adalah tidak menyertakan ruang meja yang cukup untuk digunakan.

Ingatlah untuk menyertakan cukup ruang untuk menyiapkan makanan, meletakkan semua peralatan memasak, mencuci, dan kemungkinan ruang untuk makan dan bersosialisasi jika itu yang diaplikasikan di dalam dapur.

Baca juga: 7 Hal yang Dilakukan untuk Pertahankan Dapur Bersih dan Rapi

2. Meremehkan penyimpanan

Rencanakan dan alokasikan ruang untuk meletakkan setiap barang, mulai dari stoples bumbu hingga laci pemisah alat makan.

Kunci untuk mendapatkan penyimpanan maksimal dari dapur adalah memikirkan cara cerdas untuk mengintegrasikan solusi penyimpanan ke dalam kebutuhan dapur yang ada.

Misalnya, panel magnet membantu memanfaatkan ruang dinding yang tidak terpakai antara dinding dan kabinet dasar.

Sementara itu, untuk penyimpanan yang lebih besar, harus mempertimbangkan laci meja dapur yang bisa ditarik keluar sehingga tidak memakan banyak tempat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com