Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Dilakukan untuk Pertahankan Dapur Bersih dan Rapi

Kompas.com - 25/12/2020, 14:57 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi banyak orang, membersihkan dan mempertahankan dapur tetap bersih adalah bagian yang cukup sulit untuk dilakukan.

Sedikit hal saja, seperti peralatan masak dan piring kotor yang dibiarkan menumpuk bisa membuat dapur terlihat berantakan dan tidak bersih.

Bagi kamu yang berusaha mempertahankan dapur untuk bisa terlihat rapi dan bersih, ada beberapa hal yang perlu kamu terapkan guna mencegahnya menjadi masalah besar.

Baca juga: 8 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Dapur, Bisa Usir Racun di Udara

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (25/12/2020), inilah cara menjadi seseorang dengan dapur yang selalu rapi dan terlihat bersih.

1. Menjaga agar dapur tidak berantakan

Orang yang dapurnya selalu bersih biasanya tidak akan membuatnya berantakan dari segala macam hal. Prinsip ini perlu kamu terapkan dalam hal apapun.

2. Tak pernah meninggalkan piring kotor di wastafel cuci piring

Tentu saja tidak mungkin mengikuti aturan ini dengan baik, tetapi memiliki prinsip untuk tidak meninggalkan piring kotor di wastafel adalah kunci untuk mempertahankan dapur yang selalu bersih.

Dalam hal ini kamu perlu menanamkannya ke anggota keluargamu yang lain di rumah. Agar mempermudah, beri aturan untuk mencuci masing-masing piring yang selesai digunakan makan.

Baca juga: Berapa Jarak Rak Dinding Dapur yang Pas? Ini Penjelasannya

Aturan ini dapat mencegah kekacauan dapur berlipat ganda. Wastafel yang kosong dan mengilap hampir menghalangi seseorang untuk menodainya.

3. Membersihkan saat memasak

Orang yang memiliki dapur bersih terus-menerus tahu bahwa membersihkan saat mereka memasak sama pentingnya dengan membersihkan setelah memasak.

Untuk tujuan ini, cobalah untuk membersihkan piring dan peralatan sebanyak yang kamu gunakan. Misalnya, cuci panci yang selesai digunakan saat kamu menunggu makanan di oven matang.

Pilihan lainnya adalah mengisi separuh wastafel dengan peralatan masak yang telah selesai digunakan, kemudian isi dengan air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com