Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2023, 17:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki dapur rapi menjadi impian banyak orang. Membersihkan saja ternyata tidak cukup, Anda juga perlu rutin merapikan dapur agar tetap nyaman saat digunakan.

Selain itu, rutin merapikan dapur juga menghindari kemungkinan terjadi serangan hama rumah seperti tikus dan kecoa.

Dapur yang rapi juga bisa membuat rumah lebih cantik. Dilansir dari The Spruce, Sabtu (14/10/2023), berikut ini sejumlah tips agar dapur tetap rapi dan nyaman saat digunakan.

Baca juga: Simak, 7 Tips Menjaga Meja Dapur Tetap Rapi

1. Simpan barang berukuran besar di tempat khusus

Morgan Ovens, pendiri Haven Home Wellness menyarankan untuk menyimpan barang berukuran besar pada tempat khusus seperti lemari.

Selain membuat dapur lebih rapi, penyimpanan dalam lemari juga bisa membuat barang-barang tersebut tetap bersih.

Ilustrasi panci disimpan dalam laciShutterstock/osu busu Ilustrasi panci disimpan dalam laci

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan ukuran dan letak lemari dapur. Sebaiknya pilih lemari dapur yang ukurannya ideal agar tidak memakan banyak ruang di dapur.

Selain itu, lemari juga sebaiknya tidak terlalu tinggi agar Anda lebih mudah saat mengambil barang-barang yang disimpan di dalam lemari tersebut.

2. Rutin merapikan kulkas

Kulkas menjadi salah satu perlengkapan dapur yang mudah berantakan. Terkadang kita meletakkan bahan makanan tanpa menantanya terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Kulkas Berdasarkan Makanan yang Disimpan

Kebiasaan tersebut akan menyelamatkan kita saat mencari barang yang dibutuhkan. Selain itu, penyimpanan yang tidak rapi juga bisa membuat bahan makanan cepat rusak.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menyimpan bahan makanan dalam wadah tertutup. Bila perlu, pasang label sebagai pengingat waktu penyimpanan produk makanan tersebut. Anda bisa memanfaatkan rak dan laci lemari es agar penyimpanan lebih efisien.

3. Simpan bahan makanan dalam wadah kedap udara

Membuang kemasan makanan akan membuat tampilan dapur lebih rapi dan menarik. Maka dari itu, setelah selesai belanja, segeralah untuk memindahkan bahan makanan dalam wadah kedap udara.

Anda bisa menggunakan wadah bening agar bahan makan mudah terlihat. Tambahkan label berisi keterangan nama bahan makanan, waktu pembelian, dan masa kadaluarsa bahan makanan tersebut.

Baca juga: Jangan Simpan Bahan-bahan Makanan Ini di Lemari Dapur

4. Buat zona dapur

Tips agar dapur tetap rapi menurut Ovens yaitu dengan membuat zona dapur berdasarkan kategori makanan.

Misalnya, biji-bijian dan makanan ringan ditempatkan pada area tersendiri. Sedangkan bumbu-bumbu masakan ditempatkan di area lain.

Ilustrasi pengelompokan peralatan dapurSHUTTERSTOCK/GAF_LILA Ilustrasi pengelompokan peralatan dapur

Tak hanya membuat dapur lebih rapi, pengelompokan zona dapur akan mempermudah Anda saat memasak. Anda tidak akan kesulitan saat mencari bahan makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com