Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2023, 15:26 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Membersihkan dapur merupakan aktivitas yang perlu rutin dilakukan. Akan tetapi, tak semua orang memilih waktu lebih untuk membersihkan dan merapikan dapur setiap hari.

Kesibukan yang padat membuat banyak diantara kita lupa membersihkan dapur secara menyeluruh. Akibatnya, dapur menjadi kumuh dan peralatan yang ada di ruangan tersebut menjadi cepat rusak.

Selain rutin membersihkan, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan agar dapur selalu bersih. Dilansir Reico Kitchen & Bath, Sabtu (2/12/2023), berikut ini tips agar dapur selalu bersih dan nyaman.

Baca juga: Simak, 4 Tips Membuat Dapur Bersih dan Rapi

Pilih backsplash yang sederhana

Ilustrasi backsplash dapurShutterstock/Fio Creative Ilustrasi backsplash dapur
Backsplash adalah area di belakang pintu yang biasanya dibuat menggunakan keramik atau material sejenisnya.

Tujuannya agar dinding di dapur tidak kotor akibat cipratan minyak saat memasak. Maka dari itu, backsplash perlu rutin dibersihkan.

Namun, jika kamu tidak ingin membersihkan backsplash setiap hari, maka kamu bisa memilih backsplash dari material yang mudah dicuci dan perawatannya mudah.

Pilih peralatan dapur yang mudah dibersihkan

Cara lain agar dapur selalu bersih yaitu pilih peralatan dapur yang mudah dibersihkan. Sebaiknya pilih peralatan dapur yang tidak memilih banyak sudut. Sebab, area sudut biasanya lebih sulit dibersihkan.

Baca juga: 6 Peralatan Dapur yang Paling Mudah Dibersihkan, Apa Saja?

Perhatikan juga area kompor dapur. Sangat direkomendasikan menggunakan permukaan kompor yang rata agar mudah dibersihkan.

Kamu juga bisa membeli alat dapur modern yang memiliki fitur membersihkan sendiri. Dengan demikian, pekerjaan membersihkan dapur menjadi lebih mudah dan cepat.

Letakkan tempat sampah

Tips agar dapur selalu bersih lainnya yaitu meletakkan tempat sampah di dapur. Tujuannya tentu saja agar sampah tidak berserakan di ruangan tersebut.

Sebaiknya letakkan tempat sampah yang memiliki penutup agar aroma busuk tidak menyebar ke seluruh area dapur.

Jangan pilih meja yang berpori

Meja merupakan area dapur yang perlu rutin dibersihkan. Sebab, meja biasanya digunakan untuk menyiapkan bahan makanan, sehingga mudah kotor.

Baca juga: 4 Cara Menata Meja Dapur agar Tetap Rapi dan Teratur

Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih meja yang tidak berpori seperti kuarsa dan permukaan padat lainnya. Material tak berpori lebih mudah dibersihkan.

Hindari rak terbuka

Ilustrasi lemari dapur. SHUTTERSTOCK/LILOON Ilustrasi lemari dapur.

Rak terbuka memang sedang populer karena tampilannya yang menarik dan membuat dapur lebih estetik.

Namun, rak ini membutuhkan perawatan ekstra karena debu mudah menempel di area tersebut dan membuat barang-barang yang ada di dalamnya cepat kotor.

Jika tidak ingin membersihkan rak setiap hari, maka sebaiknya pilih rak yang tertutup. Agar dapur tetap estetik, kamu bisa menggunakan lemari dengan motif dan warna yang cantik.

Baca juga: 7 Warna Lemari Dapur yang Populer dan Tak Lekang Waktu

Pilih cat yang tahan lama

Tips agar dapur selalu bersih lainnya yaitu pilih cat yang tahan lama. Dengan memilih cat yang tahan lama, maka kamu tidak perlu terlalu sering mengecat dapur.

Kamu juga bisa memilih cat dengan bahan dasar minyak karena cenderung lebih tahan terhadap bahan pembersih dibandingkan bahan cat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com