Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Digunakan, 5 Benda Ini Dapat Membuat Kamar Tidur Tampak Murahan

Kompas.com - 01/12/2023, 20:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya sedikit ruangan di rumah yang dapat menyaingi karakter unik kamar tidur. Kamar tidur menjadi ruangan untuk mencari ketenangan dan beristirahat tanpa gangguan. 

Bahkan kamar tidur juga menjadi ruangan untuk memanjakan diri dengan dekorasi yang lebih berani daripada ruangan lainnya di rumah.  

Baca juga: 8 Tips Menciptakan Ketenangan dan Kenyamanan di Kamar Tidur

Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda ingin membuat kamar tidur terlihat sebaik dan senyaman mungkin. Namun, ada beberapa elemen dekorasi yang dapat membuat kamar tidur terlihat murahan. 

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (1/12/2023), berikut sejumlah benda yang membuat kamar tidur tampak murahan sehingga perlu menghindarinya.

Seprai tipis 

Ilustrasi seprai dan bed cover. SHUTTERSTOCK/ALL ABOUT SPACE Ilustrasi seprai dan bed cover.
Seprai tipis dapat menjaga tempat tidur dan kamar tidur tetap sejuk. Namun, dalam hal estetika, menurut Patricia Tram, desainer interior di Strut Interiors, lebih baik menambahkan lapisan dan tidak perlu mengorbankan kenyamanan untuk tetap sejuk.

"Menambahkan lapisan dan elemen dekoratif pada tempat tidur adalah hal yang sangat penting saat beralih ke seprai linen yang dapat mengatur suhu tubuh Anda," kata Patricia.

Memasukkan bantal Euro yang besar akan menambah tinggi dan memiliki tekstur atau pola yang lebih keras. Ini juga merupakan sandaran bagus untuk membaca dan bersantai.

Demikian pula, Patricia mendorong Anda memastikan bantal standar untuk tempat tidur atau Anda mungkin akan memiliki ruang negatif yang tidak diinginkan.

"Tambahkan beberapa bantal dekoratif dan selimut di kaki tempat tidur untuk melengkapi tampilannya," ucap sang desainer. 

Baca juga: 5 Warna Kamar Tidur yang Dapat Membawa Sial, Jangan Digunakan

Tirai logam

Selanjutnya, benda yang membuat kamar tidur tampak murahan adalah tirai logam.

Antoinette Allande Anderson, pendiri Antoinette Allande Interiors, mengatakan tirai logam mungkin terlihat cocok di beberapa lingkungan kantor, tapi terlihat menyedihkan di kamar tidur yang seharusnya perawatan jendela lembut dan mengundang. 

Namun, sarannya bukan berarti Anda harus mengabaikan ide tirai jendela sepenuhnya. "Tirai kayu tidak masalah karena alami dan memiliki warna hangat, tapi tirai kain atau tirai Romawi sangat ideal," ujarnya. 

Baca juga: Jangan Lakukan, Ini Kesalahan Mendesain Kamar Tidur Kecil

Penggunaan beludru yang berlebihan

Ilustrasi kamar tidur.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur.
Menurut Sharon Falcher & Sherica Maynard dari Interior Design by S&S, penggunaan ide dekorasi beludru yang berlebihan akan membuat kamar tidur terlihat lebih murah.

Duo desainer ini memperingatkan agar tidak menggunakan beludru secara berlebihan di kamar tidur, baik melalui kepala tempat tidur beludru, seprai beludru, perawatan jendela beludru, maupun tempat duduk beraksen beludru.

Seperti dikatakan para desainer, sedikit beludru di sana-sini tidak masalah, tetapi penting untuk tidak berlebihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com