Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 6 Kebiasaan Ini agar Kamar Tidur Wangi

Kompas.com - 07/11/2023, 20:52 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamar tidur yang wangi dapat membuat penghuninya merasa lebih rileks dan nyaman.

Selain itu, tidur kamu pun bisa lebih nyenyak dan bangun dengan kondisi yang lebih segar. Namun, ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat kamar tidur berbau tidak sedap.

Baca juga: Catat, Ini Cara Membersihkan Kamar Tidur dengan Rutin

Oleh karena itu, penting untuk untuk memperhatikan kebiasaan yang telah kamu lakukan selama ini agar kamar tidur tetap wangi sepanjang harinya.

Melansir dari Homes and Gardens, Selasa (7/11/2023), berikut enam kebiasaan yang perlu dihindari agar menciptakan kamar tidur yang wangi.

1. Mengabaikan pembersihan

Kebiasaan pertama yang dapat menyebabkan kamar tidur berbau tidak sedap adalah mengabaikan kebersihan. Debu, kotoran, dan partikel lainnya dapat menumpuk di kamar tidur seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan bau apek.

Jadi, penting untuk membersihkan kamar tidur secara teratur. Bersihkanlah debu dan kotoran dari semua permukaan dan furnitur. Jangan lupa, buang sampah di tempat sampah kamar secara teratur.

Ilustrasi tumpukan pakaian di kamar tidur yang bisa menjadi sumber kekacauan.SHUTTERSTOCK/TOM GOWANLOCK Ilustrasi tumpukan pakaian di kamar tidur yang bisa menjadi sumber kekacauan.

2. Meninggalkan cucian kotor di lantai

Cucian kotor di lantai merupakan salah satu penyebab terbesar kamar tidur jadi bau. Pakaian kotor dapat memerangkap bau dan bakteri sehingga membuat ruangan jadi apek, apalagi jika dibiarkan di kamar dalam waktu lama.

Taruh cucian kotor di keranjang cucian dengan segera adalah hal yang penting untuk menghindari kesalahan ini. Jika memiliki pakaian kotor yang perlu segera dicuci, Anda juga dapat memasukkannya ke dalam kantong tertutup sebelum mencucinya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apak dari Lemari Pakaian

3. Mengabaikan kebersihan kasur

Kasur adalah salah satu tempat yang paling sering diabaikan dalam hal kebersihan. Seiring berjalannya waktu, kasur dapat menyimpan bau dan bakteri. Ini yang bisa membuat kamar tidur beraroma tidak sedap.

Penting untuk membersihka kasur secara teratur, seperti menyedot debu di kasur secara berkala. Kamu juga dapat menaburkan soda kue di atas kasur, diamkan selama beberapa jam, lalu sedot kembali. Soda kue dapat menyerap bau dan kotoran.

Selain menyedot debu dan menggunakan soda kue, kamu juga harus memutar dan membalikkan kasur.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Kasur

Ilustrasi diffuser. Studi menemukan manfaat aroma wangi selama tidur dapat meningkatkan kognitif, ingatan dan mencegah demensia.SHUTTERSTOCK/Bezuglova Evgeniia Ilustrasi diffuser. Studi menemukan manfaat aroma wangi selama tidur dapat meningkatkan kognitif, ingatan dan mencegah demensia.

4. Menggunakan pengharum ruangan yang terlalu kuat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com