Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Dekorasi Teras Kecil di Halaman Belakang Rumah

Kompas.com - 24/02/2024, 17:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Teras adalah area ruangan di luar rumah yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti menerima tamu, berkumpul bersama keluarga, bersantai, hingga bekerja.

Teras bisa dibuat di halaman belakang rumah. Namun, biasanya teras belakang rumah dibuat tidak terlalu luas.teras di halaman belakang rumah bisa terasa lebih luas apabila didekorasi dengan benar.

Meski sempit,  Dilansir dari Chique Home Living, Sabtu (24/2/2024), berikut ini beberapa ide dekorasi teras kecil di halaman belakang rumah.

Baca juga: 6 Tren Teras 2024, Bikin Rumah Lebih Estetik

Buat teras lebih multifungsi

Ilustrasi teras belakang rumah, halaman belakang rumah.SHUTTERSTOCK/HANNAMARIAH Ilustrasi teras belakang rumah, halaman belakang rumah.

Setiap sudut teras harus dimanfaatkan dengan maksimal. Maka dari itu, teras kecil di halaman belakang rumah harus dibuat multifungsi.

Misalnya dengan memanfaatkan area luar yang terbatas sebagai ruang bersantai sekaligus tempat berkumpul bersama keluarga.

Gunakan skema warna netral

Ide dekorasi teras kecil di halaman belakang rumah lainnya yaitu menggunakan skema warna netral seperti putih, krem, abu-abu, dan kelabu tua.

Warna netral akan membuat teras terlihat terang dan luas. Warna netral bisa digunakan pada furnitur, lantai, atau aksesori lain yang bisa membuat teras terlihat lebih luas dan terbuka.

Baca juga: 6 Warna Cat yang Cocok untuk Mendekorasi Teras Rumah

Pasang lampu di teras

Pencahayaan yang tepat akan meningkatkan fungsi teras. Cahaya yang terang membuat teras bisa digunakan untuk beraktivitas, meski sudah malam.

Maka dari itu, lampu perlu dipasang teras. Ada beragam jenis lampu yang bisa dipasang di teras. Namun, sebaiknya pilih lampu yang cahayanya lembut untuk membuat teras lebih terang dan nyaman.

Dekorasi teras bertema pesisir

Tema pesisir akan membuat teras terlihat santai dan casual. Untuk menghadirkan suasana pesisir di teras belakang rumah bisa dengan menggunakan warna tenang seperti biru dan putih, bahan alami, dan aksen dekorasi yang terinspirasi dari pantai.

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Teras Sempit agar Terlihat Luas dan Estetik

Hias teras dengan warna hijau seafoam dan beige

Ide dekorasi teras kecil di halaman belakang rumah berikutnya yaitu menghias teras dengan warna hijau seafoam dan beige. Hijau seafoam adalah warna lembut yang tenang dan mengingatkan pada lanskap laut dan pesisir.

Warna tersebut sangat cocok dipadukan dengan warna krem maupun warna netral lain, seperti beige. Perpaduan warna hijau seafoam dan beige akan menghadirkan suasana tenang dan santai.

Pasang tirai

ilusterasi teras rumahShutterstock/tokar ilusterasi teras rumah

Tirai bisa digunakan untuk menutup teras halaman belakang rumah. Tirai bisa menciptakan suasana nyaman, sehingga cocok untuk beristirahat dan bersantai.

Selain itu, tirai juga bisa berfungsi untuk menjaga privasi di ruangan tersebut. Pilihlah tirai berwarna netral seperti putih atau krem agar cocok dipadukan dengan ornamen dekorasi lain.

Baca juga: 6 Ide Atap Teras yang Menarik, Apa Saja?

Letakkan tanaman hias

Terakhir, ide dekorasi teras kecil di halaman belakang rumah yaitu meletakkan tanaman hias yang ditanam dalam pot.

Tanaman hias bisa ditempatkan di sudut teras, di atas meja, atau rak. Tanaman hias membuat teras lebih segar dan asri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com