Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Mendekorasi Teras Rumah yang Cantik dan Nyaman

Kompas.com - 16/06/2023, 13:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Teras merupakan bagian paling depan sebuah rumah. Teras adalah perpanjangan dari rumah dan harus meniru suasana menyenangkan yang sama.

Selain itu, teras juga menjadi area utama yang dilihat tamu ketika berkunjung sebelum masuk ke rumah. Untuk memamerkan keramahan Anda, bisa dilakukan melalui tampilan teras yang ramah dan dirancang untuk relaksasi serta hiburan. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Teras Rumah Tampak Mewah dan Elegan

Karena itu, penting mendesain dan mendekorasi teras rumah semenarik mungkin untuk memberikan kesan pertama yang positif.

Setiap teras memiliki desain berbeda. Ada beberapa pilihan desain paling populer untuk teras, yakni teras terbuka serta teras dengan kasa.

Gaya terbuka memiliki anak tangga lebar dan tampilan klasik. Teras dengan kasa dapat memberikan privasi dan mencegah serangga muncul yang biasanya ditemukan di daerah beriklim sedang.

Teras tertutup mirip dengan teras yang disaring, tetapi memiliki sedikit cakupan ekstra untuk melindungi ruang dari sinar matahari secara lebih efektif.

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Jumat (16/6/2023), berikut ide mendekorasi teras rumah yang cantik dan nyaman.   

Baca juga: 6 Cara Mengusir Hama dari Teras Rumah

Sediakan tempat duduk yang nyaman 

Ilustrasi teras rumah.Shutterstock/Jason Finn Ilustrasi teras rumah.
Buat area teras terasa senyaman mungkin. Cara terbaik mendekorasi teras rumah adalah menyertakan beberapa pilihan tempat duduk yang ramah.

Tidak masalah jika teras berukuran kecil. Cobalah menyertakan setidaknya beberapa kursi dengan beberapa bantal empuk. 

Untuk teras besar, pertimbangkan menambahkan bagian yang lebih besar, seperti bangku. Untuk kenyamanan ekstra, tambahkan beberapa tekstur dengan bantuan karpet bergaya.

Cobalah melihat keseluruhan gambar saat menganalisis tampilan teras untuk memastikan menciptakan ruang yang mengundang, yang tidak memiliki terlalu banyak tempat kosong.

Ayunan adalah salah satu elemen penting untuk tempat duduk di teras. Cobalah memasukkannya jika Anda menginginkan sentuhan perdesaan di rumah. 

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman Hias Gantung yang Dapat Mempercantik Teras Rumah

Hadirkan tanaman 

Selanjutnya, ide mendekorasi teras rumah yang cantik dan nyaman adalah menghadirkan tanaman hijau. Tanaman yang ditempatkan baik di teras memiliki efek mencolok, menambahkan beberapa warna menarik, dan membuat teras terasa lebih hidup.

Jika lebih menyukai gaya desain minimalis, pilih palet warna yang lebih netral. Mendekorasi teras rumah dengan tanaman biasanya mengikuti prinsip yang sama saat mendekorasi di dalam ruangan.

Itu berarti Anda bisa memadukan tanaman yang lebih kecil dan besar untuk menciptakan tampilan hijau yang berlapis-lapis. Menggantung pot bunga atau tanaman lain, seperti pakis, juga merupakan ide indah. 

Baca juga: 7 Pilihan Tanaman Hias Gantung Cantik untuk Teras Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com