Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Ruang Kecil Terlihat Lebih Besar

Kompas.com - 13/02/2024, 21:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Den Garden

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bagian tersulit dalam mendesain ruangan adalah mencari tahu cara memaksimalkan ruang.

Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk membuat ruang kecil tampak lebih besar dan ini mudah dilakukan. 

Baca juga: 7 Furnitur Multifungsi yang Dapat Digunakan di Ruang Keluarga Kecil

Tentu saja, membuat ruangan tampak lebih besar membuat ruang lebih menarik, efisien, serta mudah melakukan kegiatan apa pun. 

Dikutip dari Den Garden, Selasa (13/2/2024), sejumlah para desainer interior dari Instrument Furniture di London membagikan cara membuat ruang kecil terlihat lebih besar. 

Gunakan batang tirai yang terlalu besar

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding dan gorden berwarna abu-abuShutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi ruang tamu dengan dinding dan gorden berwarna abu-abu
Untuk jendela, sebaiknya gunakan batang gorden dan gorden yang panjang. Tirai yang  pendek embuat ruangan terlihat lebih kecil.

Gantung batang gorden lebih tinggi dan lebar dari bingkai jendela. Aturan praktis yang baik adalah menggantung tirai 10-15 sentimeter di atas jendela untuk plafon yang lebih pendek dan 15-25 sentimeter untuk plafon yang lebih tinggi.

Jika tidak, menggantung batang gorden tepat di bawah plafon sudah cukup. Apabila batang gorden dipasang tinggi, akan memberikan ilusi jendela dan plafon lebih tinggi.

Untuk lebarnya, akan lebih mudah menyembunyikan dan mendorong tirai jika Anda memiliki ruang 30-38 sentimeter di kedua sisi panel jendela. 

Baca juga: 4 Ruangan Terbaik Menerapkan Warna Hijau di Rumah Menurut Feng Shui

Gunakan warna yang lebih cerah 

Selanjutnya, cara membuat ruang kecil terlihat lebih besar adalah menggunakan warna yang lebih cerah. Warna abu-abu terang akan membuat ruangan lebih luas, sedangkan warna gelap membuat ruangan terasa lebih sempit.

Warna yang lebih gelap menyerap cahaya dan ini menipu mata Anda untuk berpikir bahwa ruangan tersebut lebih kecil darisebenarnya.

Ada banyak warna netral dan warna terang yang bisa digunakan. Biru muda dan hijau dipandang sebagai warna menenangkan.

Gunakan roda warna dan teori warna untuk membantu memilih furnitur yang cocok dengan dinding. Jika furnitur terlihat berbenturan dengan warna dinding ruangan, hal ini dapat membuat ruangan terasa lebih sempit dan menegangkan. 

Baca juga: Jangan Lakukan, Ini 5 Kesalahan Desain Kamar Tidur Kecil Menurut Ahli

Hapus Jalur

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa silver.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa silver.
Jika ada penghalang di ruangan yang mempersulit perjalanan dari ruangan ke ruang lain, hal ini dapat membuat ruangan terasa kecil.

Penting membersihkan jalur dan menjaga sudut tetap kosong. Ruang terbuka nyaman di mata Anda.

Secara visual, sebuah ruangan membutuhkan tempat di mana mata Anda dapat beristirahat. Anda tentu tidak ingin memenuhi ruangan dengan furnitur dan karya seni. Anda membutuhkan ruang dan jarak kosong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com