Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2023, 09:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang menjadi tempat berkumpulnya bau

Bau di dapur ini berasal dari berbagai sumber, seperti tempat sampai, saluran pembuang wastafel yang lama tidak dibersihkan, hingga bau masakan sehabis memasak.  

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau di Saluran Air Kamar Mandi

Olivia Young, ahli kebersihan di Astonish, mengatakan bau makanan adalah salah satu yang bisa menjadi kenikmatan tersendiri saat memasak. Namun, setelah selesai memasak dan hidangan habis dimakan, bau ini masih terus tersisa di dapur. 

Menghilangkan bau masakan di dapur kecil sedikit sulit jika hidangan sangat berbau, terlebih jika memasak di dapur kecil.

Ada beberapa bau masakan tertentu yang sangat menyengat, dari daging asap, bawang putih, ikan, makanan laut, masakan pedas, bawang bombay, bahkan minyak. Ini adalah jenis bau yang bertahan lebih lama di dapur dari yang kita inginkan.

Adam Oldfield, Direktur StovesAreUs, mengatakan bau masakan yang kuat dapat bertahan lebih lama di dapur kecil daripada di ruangan lebih besar, sebagian karena dapur kecil cenderung memiliki lebih sedikit ventilasi.  

Untunganya, ada beberapa cara menghilangkan bau masakan di dapur kecil seperti dilansir dari Ideal Homes, Jumat (15/12/2023).  

Baca juga: Penyebab Pakaian Bau Asam dan Cara Menghilangkannya, Pakai Cuka

Ventilasi selama dan setelah memasak

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit. SHUTTERSTOCK/JANTSARIK Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.
Steve Horner dari Cladding Monkey, mengatakan jendela umumnya merupakan cara terbaik untuk ventilasi dapur kecil, terutama jika jendela bisa dibuka lebar.

Namun, alternatif lainnya adalah kipas angin ekstraktor. "Ini membantu menarik bau, kelembapan, bahkan minyak dari udara. 

Banyak dapur modern juga memiliki cooker hood atau cerobong asap, yang dapat Anda nyalakan untuk menjaga sirkulasi udara.

Hal ini bisa menjadi sesuatu yang perlu dipertimbangkan dipasang jika Anda belum memilikinya karena benar-benar dapat membantu menghilangkan bau masakan saat wewangian dipancarkan selama proses menyiapkan atau memasak makanan.

"Namun, jangan lupa membersihkan filter kipas ekstraktor Anda setiap tiga sampai empat bulan untuk memastikannya memberikan ventilasi yang baik pada dapur," ujar Adam.  

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dapat Membuat Kamar Mandi Bau

Bersihkan peralatan dapur lebih teratur

Selanjutnya, cara menghilangkan bau masakan di dapur kecil adalah membersihkan peralatan dapur lebih teratur.

Kapan terakhir kali Anda membersihkan microwave? Atau memeriksa tidak ada tumpahan atau makanan yang sudah kedaluwarsa di kulkas?

Pertimbangkan seberapa sering peralatan dapur digunakan, sepreti oven, microwave, bahkan air fryer. Bau dapat dengan cepat menumpuk jika peralatan tidak dibersihkan secara teratur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com