Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2023, 09:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua noda yang mungkin terjadi, muntahan adalah salah satu noda terburuk yang harus dihilangkan dari karpet.

Noda muntah mengandung zat-zat, seperti tanin, asam, atau pewarna, yang dapat menodai serat karpet. pH kebanyakan muntahan mengandung asam yang tinggi dan noda empedu yang bersifat asam dapat menghitamkan serat karpet. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Muntah dari Pakaian dan Selimut

Bersamaan dengan noda tersebut, muncul pula bau tidak sedap dan meresap ke dalam karpet. Jadi, jika memungkinkan, segera membersihkan noda muntah dari karpet sebelum baunya mengendap dan semakin sulit dihilangkan.

Anda harus mencoba lebih dari satu pembersih dan merawat area tersebut lebih dari satu kali. Meski tidak menyenangkan ditangani, sebagian besar noda muntah di karpet dapat dihilangkan hanya dengan beberapa waktu dan pembersih rumah tangga yang ada di rumah. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Selasa (17/10/2023), berikut cara membersihkan noda muntah dari karpet

Cara membersihkan noda muntah dan bau dari karpet

Ilustrasi membersihkan karpet secara manual tanpa mesin. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi membersihkan karpet secara manual tanpa mesin.
Amonia dapat menjadi alat ampuh menghilangkan noda dan bau muntahan, seperti halnya banyak produk penghilang noda karpet komersial.

Pastikan menguji perawatan apa pun di area karpet yang tidak mencolok untuk memastikan perawatan tersebut tidak merusak karpet. Berikut caranya:  

Baca juga: Warna Karpet yang Cocok untuk Ruangan dengan Dinding Warna Hijau

  • Lindungi diri Anda

Kenakan sarung tangan karet atau sarung tangan sekali pakai dan masker wajah untuk melindungi diri Anda dari bakteri yang terkandung dalam muntahan. Saat menggunakan tisu, segera buang tisu tersebut ke dalam kantong sampah.

  • Buang noda yang sudah padat

Selanjutnya, cara membersihkan noda muntah dari karpet adalah membuang noda yang sudah padat. Gunakan sendok atau pengikis plastik untuk mengangkat padatan dan menjauhkannya dari serat.

Jangan menggosok atau menyeka noda muntah sampai semua padatan terangkat karena hal ini hanya akan mendorong noda lebih dalam ke karpet.

Kerjakan dari bagian luar ke arah tengah untuk mencegah penyebaran noda muntah. Setelah benda padat dihilangkan, gunakan handuk kertas untuk mengeringkan kelembapan sebanyak mungkin dari karpet.    

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Memilih Ukuran Karpet untuk Kamar Tidur

Ilustrasi baking soda dan cuka. Kedua bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai produk pembersih alami. SHUTTERSTOCK/JPC-PROD Ilustrasi baking soda dan cuka. Kedua bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai produk pembersih alami.
1. Tuangkan baking soda atau air dingin ke atas karpet, menutupi area sekitar satu setengah kali ukuran noda, kemudian diamkan air selama 30 detik.

2. Tepuk-tepuk noda muntah dengan kain putih bersih dan kering atau tisu, serap air dan noda, lalu ganti kain yang basah.

3. Ulangi sampai tidak ada lagi noda muntah yang berpindah ke kain.

Selalu gunakan kain atau handuk putih, jangan yang berwarna karena pewarna dari warna tersebut dapat berpindah ke karpet. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Warna Karpet Terbaik untuk Ruang Keluarga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com