Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Karpet Kamar Tidur

Kompas.com - 23/07/2023, 10:21 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet menambahkan tekstur, kehangatan, serta kenyamanan, dan warna di ruangan, termasuk kamar tidur. 

Namun, dengan banyaknya warna, pola, material, dan ukuran yang tersedia, memilih karpet yang tepat untuk kamar tidur dapat menjadi tantangan tersendiri.  

Untuk memudahkan Anda, berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih karpet kamar tidur dikutip dari Organise My House, Minggu (23/7/2023).

Baca juga: Tips Memilih Permadani Ruang Makan, Elemen Dekorasi yang Praktis

Ukuran

Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia.SHUTTERSTOCK/WH_DREAMER Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia.
Saat memilih karpet kamar tidur, penting melihat ukuran ruangan. Karpet berukuran kecil tidak terlihat di ruangan besar, tapi karpet yang terlalu besar dapat terlihat memenuhi ruangan kecil dengan mudah.

Secara umum, pilih karpet cukup besar untuk diletakkan di bawah tempat tidur agar dapat menjadi titik fokus dalam ruangan dan memberikan dampak besar.

Sebagai alternatif, pilih karpet yang diletakkan melebar di dasar tempat tidur untuk menyempurnakan tampilan tempat tidur.

Selalu ukur ruang Anda. Buat sketsa ruangan untuk mendapatkan ukuran karpet yang sesuai.

Baca juga: Seberapa Sering Permadani di Ruang Tamu Harus Dibersihkan?

Bentuk

Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih karpet kamar tidur adalah bentuk. Ada berbagai pilihan bentuk, dari bulat, persegi, persegi panjang, hingga oval.

Untuk membantu memutuskan, perhatikan bentuk ruangan dan furnitur atau dekorasi di dalam ruangan. Jika ada banyak bentuk tertentu, bentuk tersebut menjadi pilihan karena akan terasa pas di dalam ruangan.

Warna

Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.
Karpet dapat digunakan untuk membuat sebuah ‘pernyataan’ dan menyatukan ruangan. Pernyataan dapat dibuat dengan memilih warna karpet yang berani, cerah, atau kontras.

Untuk tampilan menyatu, pilih karpet versi halus dari warna yang telah ada atau berwarna netral.

Baca juga: 4 Cara Meletakkan Karpet di Ruang Tamu

Material

Ada beberapa pilihan material karpet, seperti wol, sintetis, serat alami, hingga bulu domba.

Material-material tersebut memiliki tekstur berbeda. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Pertimbangkan pula ketebalan karpet karena mempengaruhi kemudahan dalam pembersihan.

Pola

Anda bisa memilih karpet dengan pola atau motif dan polos . Pertimbangkan bagian ruangan lainnya. Jika sudah ada banyak pola, pilih karpet dengan pola sederhana. 

Namun, jika hampir tidak ada pola, ini kesempatan memilih karpet berpola. Pastikan pola yang dipilih, baik itu garis-garis, abstrak, bintik-bintik, atau bunga, sesuai dengan dekorasi ruangan.

Baca juga: 6 Warna Karpet Ini Gampang Kotor dan Bikin Ruangan Tampak Kuno

Anggaran

Terakhir, hal yang perlud dipertimbangkan saat memilih karpet adalah anggaran. Karpet memiliki harga bervariasi, dari murah, terjangkau, hingga sangat mahal.

Penting menemukan karpet yang sesuai dengan biaya yang Anda siapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com