Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Menggunakan Karpet Dapur untuk Ruang Memasak yang Nyaman

Kompas.com - 11/06/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang dekorasi dapur, karpet mungkin bukan hal pertama yang terlintas di benak Anda.

Namun, meski ini adalah lokasi yang tidak biasa, menambahkan karpet ke dapur dapat menambah kehangatan pada ruangan dan menyatukan dekorasi yang ada. 

Baca juga: 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Karpet, Nyaman dan Sedap Dipandang

Ada banyak kontroversi seputar penggunaan karpet dapur dengan sejumlah kekhawatiran, seperti kepraktisan, kebersihan, dan keamanan.

Namun, jika memilih karpet yang dapat dicuci dan menggunakan alas yang mencengkeram lantai, ini bisa mempercantik dapur serta membuatnya fungsional.

Karpet yang bagus dapat menghidupkan dapur dengan menambahkan lapisan warna, pola, dan tekstur ekstra pada ruangan serta menciptakan kesan hangat. 

Tidak hanya menambah nilai estetika, karpet dapur juga dapat melindungi lantai dari lalu lintas pejalan kaki setiap hari, menyerap kebisingan, dan membantu mendefinisikan ruang terbuka.

Dengan menggabungkan kepraktisan dengan keindahan, ide menggunakan karpet dapur bisa menambahkan sedikit kehangatan dan warna. 

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Minggu (11/6/2023), berikut sejumlah ide menggunakan karpet dapur untuk ruang memasak yang nyaman.  

Baca juga: 8 Warna Karpet Terbaik yang Cocok untuk Semua Dekorasi

Buat skema warna

Ilustrasi karpet dapur.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi karpet dapur.
Isi ruang lantai yang luas dengan karpet bermotif, yang menyatukan skema dapur. Manfaatkan warna, pola, dan tekstur untuk memandu pilihan karpet Anda serta menciptakan tampilan  kohesif.

Jika sudah waktunya menyegarkan dapur, biarkan karpet yang luar biasa menginspirasi warna kabinet atau ubin. Gunakan alas di bawah karpet untuk mencegah tergelincir dan tersandung.

Gunakan karpet yang tahan lama 

Selanjutnya, ide menggunakan karpet dapur adalah memakai karpet yang tahan lama. Karpet dapur harus mampu bertahan di area dengan lalu lintas tinggi.

Bahan-bahan, seperti wol, sisal, dan rami, merupakan serat alami yang tahan lama, praktis, serta mudah melengkapi dapur rustic.

Bahan-bahan ini disukai karena ketahanannya yang alami terhadap noda, menjadikannya pilihan perawatan sangat baik untuk lingkungan dapur.

Serat alami memiliki manfaat tambahan karena lebih berkelanjutan daripada bahan sintetis meski karpet plastik daur ulang juga merupakan pilihan ramah lingkungan yang baik. 

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Wol dengan Alat dan Bahan Rumah Tangga

Tentukan ruang terbuka

Selain memberikan daya tarik estetika, karpet dapur dapat menjadi alat untuk membagi area di dapur terbuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com