Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2023, 17:56 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan karpet merupakan salah satu cara menambahkan kenyamanan di ruang tamu. Selain menambahkan tekstur, karpet dapat mempengaruhi tampilan ruang tamu secara keseluruhan.

Karena itu, penting memilih karpet yang tepat untuk menyelaraskan tampilan ruang tamu.

Baca juga: 6 Aturan yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Karpet untuk Rumah

Caroline Milns, Head of Interior Design Zulufish, mengatakan sangat penting mempertimbangkan bagaimana karpet akan menyatu dengan ruangan. 

Namun, memilih karpet ruang tamu di antara banyaknya pilihan bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk memudahkan Anda, berikut sejumlah cara  memilih karpet untuk ruang tamu dikutip dari Living Etc, Sabtu (12/8/2023). 

Dapatkan ukuran dan skala yang tepat

Ilustrasi karpet.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi karpet.
Pertama-tama, ukurluas lantai dan pastikan karpet ruang tamu cukup besar untuk ruangan.

Menurut Sheena Murphy, pendiri studio desain interior Nune, memilih karpet yang terlalu kecil dapat membuat ruang tamu terasa kurang ramah atau membuat skala furnitur terasa tidak pas.

“Tips nomor satu saya adalah memilih karpet terbesar yang sesuai dengan ruangan,” kata Gemma Tucker, pendiri Balance Interiors.

Menurutnya, karpet harus memenuhi area duduk di ruangan, diletakkan di belakang kaki depan sofa, dan melebar ke setiap sisi setidaknya sekitar 30 sentimeter.

Baca juga: Berapa Ukuran Karpet yang Ideal di Ruang Tamu?

Tandai area

Selain mengukur ruangan, ada baiknya menandai area yang Anda inginkan untuk meletakkan karpet guna mengetahui seberapa luas lantai yang akan ditutupi.

Menurut Sheena Murphy, karpet harus cukup besar untuk menjadi jangkar visual di ruangan.

Christine van der Hurd, desainer karpet, mengatakan, untuk ruang tamu, disarankan menempatkan perabotan sepenuhnya di atas karpet atau sebagian di bawah kaki depan, bukan di depan sofa untuk menyatukan ruangan.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda di Karpet Pakai Pasta Gigi

Pertimbangkan kepraktisan

Bagian penting cara memilih karpet ruang tamu adalah kepraktisannya. Sangat mudah mengabaikan sisi ini karena kurang menarik dibanding memilih pola, tekstur, dan warna ruang tamu.

Namun, karpet yang indah dengan material atau warna salah dapat segera mengurangi keindahan skema jika sulit dibersihkan. 

“Tekstur itu penting, jadi tentukan apakah Anda lebih suka karpet yang mudah dibersihkan atau karpet tebal yang sangat lembut,” kata Gemma Trucker.

Ia menambahkan jika memiliki anak atau hewan peliharaan, pertimbangkan pilihan yang bisa dicuci, karpet outdoor-indoor bisa menjadi pilihan baik. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Karpet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com