Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2023, 16:23 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Granit adalah salah satu material yang dapat digunakan untuk meja, baik meja makan maupun meja dapur.

Corak, warna, dan daya tahan yang bagus membuat banyak orang menyukai meja granit. Tak hanya itu, perawatan meja granit juga cukup mudah.

Baca juga: Tips Aman Membersihkan Meja Granit agar Tahan Lama 

Anda hanya perlu rutin membersihkan meja granit dengan air, sabun cuci piring, dan kain lembut. Namun, membersihkan meja granit harus berhati-hati agar corak dan tekstur alaminya tidak rusak.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Sabtu (12/8/2023), berikut cara membersihkan meja granit dengan benar agar kualitasnya terjaga.

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Kain katun lembut atau kain pel bersih
  • Sabun cuci piring
  • Baking soda
  • Alkohol
  • Botol semprot
  • Plastik 

Baca juga: Lantai Granit Vs Keramik, Apa Kelebihan dan Kelemahannya? 

Cara membersihkan meja granit

Ilustrasi meja dapur granit.SHUTTERSTOCK/WHYFRAME Ilustrasi meja dapur granit.
Meja granit memiliki corak yang cantik dan terlihat mewah. Namun, sering kali meja granit kotor terkena noda atau sisa makanan yang tertinggal.

Berikut cara membersihkan meja granit.  

  • Bersihkan meja dengan kain bersih

Langkah pertama membersihkan meja granit adalah menggunakan kain katun lembut, sabun cuci piring, dan air.

Setelah itu, bilas meja granit dengan air dan keringkan menggunakan kain bersih untuk menghilangkan bercak air dan goresan.

Baca juga: 3 Bahan Alami Pembersih Meja Granit dan Cara Membuatnya

  • Lakukan deep clean

Selain menggunakan sabun cuci piring dan air, meja granit juga bisa dibersihkan dengan teknik deep clean. Caranya, campurkan alkohol dan air dengan perbandingan sama, lalu  semprotkan ke permukaan meja granit.

Larutan tersebut dapat membersihkan kotoran dan mikroba yang ada di atas permukaan meja granit. Selain itu, deep clean dapat membuat permukaan meja granit lebih berkilau.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Meja Dapur Marmer dengan Baking Soda 

Cara membersihkan noda pada meja granit

Meski permukaan granit relatif tidak mudah kotor, noda masih tetap bisa menempel pada permukaan granit. Noda tersebut dapat dibersihkan menggunakan baking soda. 

Caranya, membuat pasta dari campuran baking soda dan air, kemudian oleskan di atas noda dan gosok dengan lembut membuat kain halus.

Setelah itu, bilas dengan air dan ulangi sampai semua noda terangkat dari meja granit. 

Cara lain adalah mengoleskan pasta di atas noda dan tutup dengan plastik. Rekatkan plastik dan diamkan semalaman, kemudian lepaskan plastik, bilas, dan gosok perlahan menggunakan kain lembut sampai semua noda terangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com