Kompas.com - 20/01/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagian orang mengira bahwa meja dapur berbahan granit memiliki cara membersihkan dan perawatan yang rumit.

Namun, melansir Reader’s Digest, Kamis (20/1/2022), menjaga meja granit tetap indah, mengkilap, dan tahan lama ternyata cukup mudah. 

Regional Director PuroClean, John Otero, mengatakan, kamu hanya perlu menjaga pelapisnya (sealant) tetap terjaga untuk melindungi meja granit. Sebab, sealant adalah bahan berpori sehingga lebih mudah menyerap cairan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Meja Dapur Granit

Menjaga meja granit

Ilustrasi penggunaan granit pada lantai dan meja dapur. PIXABAY/WILLIAM KEDERSHA Ilustrasi penggunaan granit pada lantai dan meja dapur.

Menjaga pelapis meja granit sepanjang tahun merupakan kunci granit tetap terawat dan tahan lama. Pastikan menggunakan alat yang tepat saat membersihkannya seperti spons dan beberapa sabun.

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah menghindari bahan-bahan dan produk pembersih asam seperti cuka, Windex, dan pemutih karena dapat melemahkan pelapis.

“(Cuka dan pemutih) merusak permukaan yang lembut dan mengkilap, kedua hal yang membuat jenis meja ini menjadi pilihan paling populer yang meningkatkan nilai rumah,” jelas Otero.

Sementara untuk kain pembersihnya, hindari sabut gosok yang kasar dan gunakan kain dapur.

Baca juga: 3 Bahan Alami Pembersih Meja Granit dan Cara Membuatnya

Cara membersihkan meja granit

  • Membersihkan sisa makanan dan tumpahan minuman

  1. Gunakan spons halus yang kering untuk menyingkirkan remahan makanan.
  2. Tuangkan sedikit air dan sabun pada spons.
  3. Kemudian, bersihkan meja dapur granit mulai dari bagian belakang meja hingga bagian depannya dengan gerakan membersihkan seperti wiper mobil.
  4. Jika ada kotoran yang menempel, gosok hingga bersih. Namun, tetap hindari sisi spons yang kasar karena dapat merusak granit. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Meja Dapur Marmer dengan Baking Soda

Ilustrasi meja granit.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi meja granit.

  • Membersihkan noda membandel yang mengeras

Untuk membersihkan noda membandel yang mengeras, kamu memerlukan langkah ekstra agar meja granit bersih kembali. Caranya adalah sebagai berikut:

Gunakan benda tajam

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.