Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Tata Letak Ruang Tamu Kecil yang Harus Dihindari

Kompas.com - 21/12/2023, 17:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan salah satu area penting di dalam rumah. Selain digunakan untuk menerima tamu, ruangan ini juga bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Sayangnya, tidak semua rumah memiliki ruang tamu yang besar. Keterbatasan lahan membuat banyak rumah yang ruang tamunya dibuat tidak terlalu besar.

Baca juga: 6 Kesalahan dalam Tata Letak Ruang Tamu dan Solusinya

Pada ruang tamu kecil, penataan harus dilakukan dengan benar agar tidak terasa semakin sempit. Dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (21/12/2023), berikut ini beberapa kesalahan tata letak ruang tamu kecil yang harus dihindari.

Meletakkan terlalu banyak tempat duduk

Ilustrasi ruang tamu kecil.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu kecil.

Salah satu furnitur yang harus ada di ruang tamu yaitu kursi atau tempat duduk. Namun, pada ruang tamu kecil, sebaiknya tidak terlalu banyak meletakkan tempat duduk.

Lebih baik letakkan sedikit kursi, namun ukurannya cukup besar agar terlihat lebih menarik. Camila Clarke, direktur kreatif di Albion Nord yang mengatakan ruangan kecil bukan berarti menggunakan furnitur kecil.

Camila Clarke bahkan menyarankan menggunakan furnitur besar pada ruang tamu kecil agar terlihat lebih menarik.

Baca juga: Kesalahan Tata Letak Ruang Tamu yang Bikin Sempit

Mengabaikan efek simetri

Efek simetris digunakan para desainer untuk menciptakan keseimbangaan yang membuat ruangan terlihat lebih luas. Tata letak yang simetris akan enak dipandang.

Sebaliknya, menata barang-barang secara tidak simetris bisa membuat tampilan ruang tamu terlihat sesak dan kurang menarik.

Meletakkan furnitur besar di depan jendela

Kesalahan tata letak ruang tamu kecil lainnya yang juga harus dihindari yaitu menempatkan furnitur besar di depan jendela.

Jika memiliki furnitur besar, sebaiknya tempatkan di seberang jendela. Cara ini akan membuat cahaya masuk ke dalam ruangan dan membuat ruang tamu terlihat lebih luas.

Selain itu, pada ruang tamu kecil sebaiknya gunakan sofa yang berkaki untuk memberikan ilusi ruang. Sofa berkaki akan membuat lantai terlihat lebih lapang.

Baca juga: 7 Kesalahan Tata Letak Ruang Tamu yang Sering Tidak Disadari

Tidak menggunakan furnitur yang menciptakan zona terbuka

Ilustrasi ruang tamu sempit, ruang tamu kecil dengan nuansa warna putih.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu sempit, ruang tamu kecil dengan nuansa warna putih.

Kristin Bartone, direktur kreatif dan kepala Bartone Interior, mengingatkan kepada pemilik ruang tamu sempit untuk tidak meletakkan furnitur di dinding luar ruangan.

Salah satu cara untuk membuat ruangan lebih luas dan terbuka yaitu dengan menempatkan furnitur di tengah ruangan. Selain itu, tempatkan karpet besar untuk membuat ruangan lebih luas dan nyaman.

Tidak memikirkan tata letak meja

Meja ruang tamu tradisional biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang. Salah satu kesalahan tata letak ruang tamu kecil yaitu tidak memikirkan penempatan meja ruang tamu.

Baca juga: 6 Tata Letak Ruang Tamu yang Harus Dihindari

Lucy Searle, pimpinan redaksi Homes & Gardens menyarankan untuk ruang tamu kecil sebaiknya tidak menggunakan meja rendah berbentuk lingkaran atau oval.

Sebaiknya, gunakan meja ruang tamu yang mudah dipindahkan agar bisa digunakan sebagai meja kopi dan meja samping yang serbaguna. .

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com