Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membuat Ruang Kecil Terlihat Lebih Besar

Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk membuat ruang kecil tampak lebih besar dan ini mudah dilakukan. 

Tentu saja, membuat ruangan tampak lebih besar membuat ruang lebih menarik, efisien, serta mudah melakukan kegiatan apa pun. 

Dikutip dari Den Garden, Selasa (13/2/2024), sejumlah para desainer interior dari Instrument Furniture di London membagikan cara membuat ruang kecil terlihat lebih besar. 

Gantung batang gorden lebih tinggi dan lebar dari bingkai jendela. Aturan praktis yang baik adalah menggantung tirai 10-15 sentimeter di atas jendela untuk plafon yang lebih pendek dan 15-25 sentimeter untuk plafon yang lebih tinggi.

Jika tidak, menggantung batang gorden tepat di bawah plafon sudah cukup. Apabila batang gorden dipasang tinggi, akan memberikan ilusi jendela dan plafon lebih tinggi.

Untuk lebarnya, akan lebih mudah menyembunyikan dan mendorong tirai jika Anda memiliki ruang 30-38 sentimeter di kedua sisi panel jendela. 

Gunakan warna yang lebih cerah 

Selanjutnya, cara membuat ruang kecil terlihat lebih besar adalah menggunakan warna yang lebih cerah. Warna abu-abu terang akan membuat ruangan lebih luas, sedangkan warna gelap membuat ruangan terasa lebih sempit.

Warna yang lebih gelap menyerap cahaya dan ini menipu mata Anda untuk berpikir bahwa ruangan tersebut lebih kecil darisebenarnya.

Ada banyak warna netral dan warna terang yang bisa digunakan. Biru muda dan hijau dipandang sebagai warna menenangkan.

Gunakan roda warna dan teori warna untuk membantu memilih furnitur yang cocok dengan dinding. Jika furnitur terlihat berbenturan dengan warna dinding ruangan, hal ini dapat membuat ruangan terasa lebih sempit dan menegangkan. 

Penting membersihkan jalur dan menjaga sudut tetap kosong. Ruang terbuka nyaman di mata Anda.

Secara visual, sebuah ruangan membutuhkan tempat di mana mata Anda dapat beristirahat. Anda tentu tidak ingin memenuhi ruangan dengan furnitur dan karya seni. Anda membutuhkan ruang dan jarak kosong.

Selain itu, hindari meletakkan furnitur berukuran besar di depan jendela karena bisa menghalangi cahaya alami masuk ke ruangan serta semakin sedikit cahaya yang masuk ke ruangan dan membuat terasa semakin kecil.

Jaga jalur tetap terbuka di sekitar jendela atau letakkan meja kecil dan sejenisnya di bawah jendela. 

Bermain dengan skala furnitur

Bermain dengan skala furnitur juga menjadi cara membuat ruang kecil terlihat lebih besar. Lebih sedikit furnitur, lebih banyak memberi ruang.

Pilih satu atau dua perabot berukuran besar. Lebih sedikit perabot membantu ruangan terlihat harmonis dan tidak berantakan.

Ukur ruangan sebelum membeli perabot berukuran besar. Pastikan tersedia ruang yang cukup untuk berjalan. Pastikaan juga membeli sesuatu yang sesuai dengan pintu tau tangga Anda.

Sebuah ruangan terlihat lebih besar bila terdapat banyak ruang datar yang tidak terpakai. Segala sesuatunya mulai terlihat berantakan ketika permukaan datar menjadi penuh sesak.

Sebaiknya, singkirkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan atau tidak lagi berguna. Jika memiliki sedikit kertas, uang kertas, atau tas yang kusut, buanglah. 

Gunakan strategi multi-fungsional

Terakhir, cara membuat ruang kecil terlihat lebih besar adalajh menggunakan strategi multifungsi. Belilah furnitur yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Jadilah, cerdas tentang apa yang Anda masukkan ke ruangan. Lebih baik memiliki sesuatu yang dapat berfungsi untuk tiga perabot daripada satu. Anda juga dapat menghemat uang saat membeli furnitur yang memiliki banyak kegunaan.

Beberapa contohnya antara lain meja lipat, tempat tidur sofa, furnitur yang dapat ditumpuk, dan sandaran.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/13/214500676/6-cara-membuat-ruang-kecil-terlihat-lebih-besar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke