Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2024, 08:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur bisa muncul dan tumbuh di mana saja, bahkan di tempat yang tidak terduga dan tidak diinginkan, seperti kulkas.

Jamur yang muncul di dalam kulkas disebabkan kelembapan, kondisi kulkas yang kotor, tetesan cairan dari daging, dan remah-remah makanan yang berceceran. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian dengan Mudah

Jamur di dalam kulkas tidak hanya membuat jijik dan menakutkan, tapi juga tidak sedap dipandang serta dapat menyebabkan kontaminasi makanan dan risiko kesehatan. 

Koloni jamur dalam kulkas dapat terus bertambah jika tidak segera membersihkannya. Untungnya, masalah jamur di dalam kulkas ini mudah diatasi. 

Dilansir dari Merry Maids, Rabu (7/2/2024), berikut tanda-tanda awal pertumbuhan jamur dan cara mencegah jamur muncul di dalam kulkas demi memastikan peralatan tetap dalam kondisi prima. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Pink di Kamar Mandi

Pertahankan termometer kulkas untuk memastikan suhu optimal 

Ilustrasi wadah makanan di kulkas.Shutterstock/New Africa Ilustrasi wadah makanan di kulkas.
Untuk menjaga makanan tetap segar dan aman dikonsumsi, menjaga suhu kulkas sangatlah penting. Salah satu cara mudah memastikan kulkas berfungsi dengan benar adalah menjaga termometer.

Dengan memeriksa suhu secara rutin dan menyesuaikannya, Anda akan membantu mencegah pembusukan serta pertumbuhan bakteri, yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Pastikan juga membersihkan kulkas secara teratur dan menggantinya jika rusak atau tidak akurat. Pada akhirnya, mengambil langkah-langkah kecil ini akan membantu Anda memaksimalkan kulkas memperpanjang umur makanan yang disimpan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dari Mesin Cuci

Bersihkan segel dan gasket setiap beberapa bulan

Selanjutnya, cara mencegah jamur muncul di dalam kulkas adalah rutin membersihkan segel dan gasket.

Namun, hal ini menjadi salah satu tugas yang sering diabaikan, padahal sangat penting menjaga kulkas tetap beroperasi secara efisien, mencegah kebocoran, serta memperpanjang umur kulkas. 

Untuk membersihkan segel dan gasket kulkas, siapkan Anda hanya perlu menyiapkan sikat gigi bekas dan sedikit minyak siku. 

Masukkan semua makanan ke wadah 

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/Zakharova_Elena Ilustrasi kulkas.
Menggunakan wadah, baik plastik maupun kaca, adalah salah satu trik mudah memastikan menyimpan semua makana dengan benar di kulkas. 

Bahan-bahan tersebut tidak hanya membuat makanan tetap segar lebih lama, tetapi juga mencegah potensi kontaminasi dari makanan lain di kulkas. 

Jadi, saat membongkar belanjaan, luangkan waktu sejenak untuk memisahkan produk, daging, atau produk susu apa pun yang perlu didinginkan serta masukkan ke wadah masing-masing. 

Baca juga: Penyebab Jamur Tumbuh di Kebun dan Cara Mengatasinya

Letakkan kantong es di rak untuk menyerap kelembapan

Cara mencegah jamur muncul di dalam kulkas adalah meletakkan kantong es di rak untuk menyerap kelembapan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com